PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII MTS NURUL HUDA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2022/2023

Emiya Isnaini Br Bangun, Mutia Febriyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran role playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Medan Tahun Pembelajaran 2022/2023. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di MTs Nurul Huda Medan yang beralamat di Jl. Jamin Ginting Km.8 Kelurahan Kwala Bekala Kecamatan Medan Johor. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII yang berjumlah 100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII-A yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen yang menerima pembelajaran menggunakan model role playing dan kelas VII-B yang berjumlah 36 siswa sebagai kelas kontrol yang menerima pembelajaran menggunakan model ceramah. Metode penelitian ini bersifat eksperimen menggunakan posttest only control design. Instrumen penelitian ini berupa tes lisan yaitu dengan menceritakan kembali teks fabel. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menceritakan kembali teks fabel dengan menggunakan model pembelajaran role playing memperoleh nilai rata-rata rata 85,93 dibuktikan dengan rincian 76-100 berjumlah 23 siswa dengan presentase 82,14% dan 51-75 berjumlah 5 siswa dengan presentase 17,86%. Sedangkan kemampuan menceritakan kembali teks fabel menggunakan model pembelajaran ceramah dengan nilai rata-rata 61,97 dibuktikan dengan rincian 76-100 berjumlah 3 orang dengan presentase 8,33% dan 51-75 berjumlah 33 siswa dengan presentase 91,67%. Berdasarkan pengujian hipotesis nilai uji t maka diperoleh  yaitu 12,75 > 1,670 sehingga Ha pada penelitian ini terbukti dan diterima. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh model role playing terhadap kemampuan menceritakan kembali teks fabel pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Medan tahun pembelajaran 2022/2023.

Keywords


Model Pembelajaran Role Playing, Menceritakan Teks Fabel

References


Afandi, Muhammad. dkk. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Sultan Agung Press

Ahmadi, Lif Khoiru. dkk. 2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka

Depdikbud. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal I. Jakarta : Depdikbud

Djamarah, S,B. Dan Aswan, Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Harsiati, Titik. dkk. 2017. Buku Bahasa Indonesia Kelas VII Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Krismarsanti, Ermina. 2008. Analisis Cerita Fiksi Non Fiksi. Salatiga: Gramedia Pustaka Umum

Mulyono, Nono. 2018. Kurikulum dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press

Ningsih, S., Kartika, R., Safina, N., & Soraya, R. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ASPEK KEBAHASAN TEKS OBSERVASI BERBASIS APLIKASI POWTOON KELAS X MAS PROYEK UNIVA MEDAN. Dialect, 1(1), 1-7.

Nurgiyantoro, Burhan. 2017. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE

Nurjamal, Sumirat, dan Darwis. 2011. Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta, CV

Octavia, Shilphy A. 2020. Model-model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish

Rusman. 2017. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pres

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Alfabeta

Tarigan, Henry. 2007. BerbicaraSebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tarigan, H.G. 2015. Berbicara Sebagai Salah Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung

Trianto. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana

Zaini, Hisyam. dkk. 2002. Desain Pembelajaran di Perguruan Tinggi. CTCD IAIN Sunan Kalijga Yogyakarta.

Zaini, Hisyam. dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Insan Madani.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.7920

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.