Berwisata Karena Cerita: Strategi Branding Cerita Rakyat Terhadap Destinasi Wisata di Sumatera Barat Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Adilla, I. (2004). Cerita Rakyat dari Agam (Sumatera Barat). Jakarta: PT. Grasindo.
Anggaraputra, B.P., Wulandari, Y. (2022). Destinasi Wisata Sastra dalam Cerita Rakyat dari Sumatera Kajian Sastra Pariwisata. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, Vol. 1, No. 2, hal. 33-47. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/2873/642
Anugrah, P. (2017). Legenda Danau Kembar Cerita Rakyat Sumatera Barat. Padang: Balai Bahasa Sumatera Barat.
Arini, N. N., dkk. (2022). Storynomics Desa Wisata: Promosi Desa Wisata Munggu Berbasis Storytelling. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata, Agama, dan Budaya, Vol. 7 No. 2, hal. 98-109. DOI: https://doi.org/10.25078/pariwisata.v7i2.883
Astriyantika, Meyliana. (2022). Pemasaran Ekowisata Way Lalaan melalui Konsep Storynomic Tourism sebagai Strategi Pelestarian Budaya dan Sejarah. Pesona Pariwisata, Vol. 1, No. 1, hal. 53-58. http://peta.upnjatim.ac.id/index.php/peta/article/view/8
Bascom, W. (2006). The Forms of Folklore: Prose Narratives. The Journal of American Folklore, Vol. 78, No. 307 (Jan—Mar, 1965), hal. 3-20. DOI: https://doi.org/10.2307/538099
Dananjaya, James. (2015). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Djamaris, Edwar. (2001). Sastra Rakyat Minangkabau: Dongeng Jenaka, Dongeng berisi Nasihat, serta Dongeng berisi Pendidikan Moral dan Budaya. Jakarta: Pusat Bahasa.
Endraswara, Suwardi. (2005). Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.
Fachri, Febrian. (2021). Kabupaten Kota di Sumbar agar Memiliki Ikon Wisata. Dimuat di republika.co.id, dan diakses pada 4 Desember 2023. https://www.republika.co.id/berita/qrztcn380/kabupaten-kota-di-sumbar-agar-miliki-ikon-wisata
Firdaus, Iman. (2021). Menteri Sandiaga Uno ingin Cerita Rakyat jadi Nilai Tambah Pariwisata. Dimuat di kompas.tv, dan diakses pada 2 Desember 2023. https://www.kompas.tv/article/149090/menteri-sandiaga-uno-ingin-cerita-rakyat-jadi-nilai-tambah-pariwisata
Harlina, Novia. (2022). Libur Lebaran, Kunjungan Wisata Air Manis Padang Melonjak hingga 300 Persen. Dimuat di liputan6.com, dan diakses pada 4 Desember 2023. https://www.liputan6.com/regional/read/4955149/libur-lebaran-kunjungan-wisata-air-manis-padang-melonjak-hingga-300-persen
Kartika, T., & Riana, N. (2020). Storynomics Tourism as an Effective Marketing Strategy on Tourism Destination (Case Study on Tangkuban Parahu, West Java-Indonesia). TSDR: Tourism and Sustainable Development Review Journal, Vol. 1, No. 1, hal. 33-40. DOI: https://doi.org/10.31098/tsdr.v1i1.8
Kartini, R. A. (2021). Analisis Swot Terhadap Storynomics Tourism Sebagai Strategi Promosi Pariwisata (Studi Kasus Kawasan Wisata Kali Cisadane, Kota Tangerang, Banten, Indonesia). Dynamic Management Journal, Vol. 5, No. 2, hal. 58-69. DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v5i2.5639
Kartodirdjo, A. Sartono. (1986). Suatu Tinjauan Fenomenologi tentang Folklore Jawa, dalam Soedarsono (Ed.). Kesenian, Bahasa dan Folklor Jawa. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2022). Danau Maninjau. Diakses melalui https://wonderfulimages.kemenparekraf.go.id/read/967/danau-maninjau
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2023). Desa Wisata Nagari Wisata Kapalo Banda Taram. Diakses melalui https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/nagari_wisata_kapalo_banda_taram
Krisna, E. (2018). Legenda Tuanku Taram. Perpustakaan Digital Budaya Indonesia diakses melalui https://budaya-indonesia.org/Legenda-Tuanku-Taram
McKee, Roberts dan Thomas Gerace. (2018). Storynomics: Story-Driven Marketing in the Post-Advertising World. UK: Grand Central Publishing.
Mei, XY., Hagensen, AMS., Kristiansen, HS. (2018). Storytelling through experiencescape: Creating unique stories and extraordinary experiences in farm tourism. Tourism and Hospitality Research Vol. 20 (1) DOI: https://doi.org/10.1177/1467358418813410
O’Connor, N., Kim, S. (2014). Pictures and prose: exploring the impact of literary and film tourism. Journal of Tourism and Cultural Change Vol. 12 (1) DOI: https://doi.org/10.1080/14766825.2013.862253
Putra, I. N. D. (2019). Literary Tourism: Kajian Sastra dengan Pendekatan Pariwisata dalam Nuansa Bahasa Citra Sastra Pendalaman dan Pembaruan dalam Kajian Bahasa dan Sastra. Denpasar: Pustaka Larasan.
Purwadi. (2012). Folklor Jawa. Yogyakarta: Pura Pustaka.
Rukmana, Maman. (2012). Struktur dan Nilai Moral Cerita Rakyat dan Model Pelestariannya. Banten: STKIP SB Press.
Sari, I. A. L., dkk. (2022). Storynomics Bali Aga: Pemanfaatan Cerita Rakyat untuk Promosi Desa Wisata Sidetapa, Kabupaten Buleleng. Jumpa: Jurnal Master Pariwisata, Vol. 8, No. 2, hal. 721-740. DOI: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2022.v08.i02.p18
Sari, I. A. (2022). Storynomics: Memanfaatkan Kekuatan Branding Cerita Rakyat. Jurnal ISBI Bandung, Vo. 1, No. 1, hal. 10-16. DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v1i1
Sukmadewi, N. P. R. (2021). Storynomics Tourism: Kualitas Wisata Desa Tenganan Pegringsingan. Coltoure: Culture Tourism and Religion, Vol. 2, No. 2, hal. 194-203. DOI: https://doi.org/10.55115/cultoure.v2i2.1578
Wang, Z., Yang, P., Li, D. (2021). The Influence of Heritage Tourism Destination Reputation on Tourist Consumption Behavior: A Case Study of World Cultural Heritage Shaolin Temple. Sage Open Juli-September 2021 DOI: https://doi.org/10.1177/21582440211030275
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.8174
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id