Berwisata Karena Cerita: Strategi Branding Cerita Rakyat Terhadap Destinasi Wisata di Sumatera Barat Indonesia

Dyani Prades Pratiwi, Okta Firmansyah, Satya Gayatri, Andina Meutia Hawa, Ahmad Muhajir

Abstract


Fungsi cerita rakyat sebagai identitas masyarakat membuat cerita rakyat dapat dikembangkan menjadi strategi branding tempat yang didiami masyarakat penciptanya. Salah satu bidang yang dapat memanfaatkan fungsi cerita rakyat tersebut adalah sektor pariwisata. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh cerita rakyat terhadap destinasi wisata dan memberikan rekomendasi cerita rakyat yang dapat digunakan untuk strategi branding destinasi wisata di Sumatera Barat Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tahapan pengumpulan data dari kajian pustaka. Data juga dikumpulkan dari berbagai destinasi wisata potensial di Sumatera Barat, baik potensial dalam hal kepariwisataan maupun dalam kesastraan. Data pendukung didapat dari wawancara dengan subjek relevan, seperti Dinas Pariwisata, Agen Tour and Travel, dan Pemandu Wisata. Tahapan analisis data menggunakan pendekatan sastra pariwisata dan teori Storynomics. Hasil dari penelitian ini adalah cerita rakyat memiliki pengaruh sebagai daya tarik destinasi wisata, sebagai narasi panduan wisata, dan sebagai narasi dalam mempromosikan destinasi wisata. selain itu, penelitian ini juga menemukan cerita rakyat selain Legenda Malin Kundang yang dapat dikembangkan menjadi strategi branding destinasi wisata; Legenda Ngarai Sianok, Legenda Danau Kembar, Legenda Tuanku Taram, dan Legenda Danau Maninjau.

Keywords


Cerita Rakyat; Sastra Pariwisata; Storynomics; Strategi Branding

References


Adilla, I. (2004). Cerita Rakyat dari Agam (Sumatera Barat). Jakarta: PT. Grasindo.

Anggaraputra, B.P., Wulandari, Y. (2022). Destinasi Wisata Sastra dalam Cerita Rakyat dari Sumatera Kajian Sastra Pariwisata. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran, Vol. 1, No. 2, hal. 33-47. https://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JR/article/view/2873/642

Anugrah, P. (2017). Legenda Danau Kembar Cerita Rakyat Sumatera Barat. Padang: Balai Bahasa Sumatera Barat.

Arini, N. N., dkk. (2022). Storynomics Desa Wisata: Promosi Desa Wisata Munggu Berbasis Storytelling. Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Pariwisata, Agama, dan Budaya, Vol. 7 No. 2, hal. 98-109. DOI: https://doi.org/10.25078/pariwisata.v7i2.883

Astriyantika, Meyliana. (2022). Pemasaran Ekowisata Way Lalaan melalui Konsep Storynomic Tourism sebagai Strategi Pelestarian Budaya dan Sejarah. Pesona Pariwisata, Vol. 1, No. 1, hal. 53-58. http://peta.upnjatim.ac.id/index.php/peta/article/view/8

Bascom, W. (2006). The Forms of Folklore: Prose Narratives. The Journal of American Folklore, Vol. 78, No. 307 (Jan—Mar, 1965), hal. 3-20. DOI: https://doi.org/10.2307/538099

Dananjaya, James. (2015). Folklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng dan lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.

Djamaris, Edwar. (2001). Sastra Rakyat Minangkabau: Dongeng Jenaka, Dongeng berisi Nasihat, serta Dongeng berisi Pendidikan Moral dan Budaya. Jakarta: Pusat Bahasa.

Endraswara, Suwardi. (2005). Tradisi Lisan Jawa. Yogyakarta: Narasi.

Fachri, Febrian. (2021). Kabupaten Kota di Sumbar agar Memiliki Ikon Wisata. Dimuat di republika.co.id, dan diakses pada 4 Desember 2023. https://www.republika.co.id/berita/qrztcn380/kabupaten-kota-di-sumbar-agar-miliki-ikon-wisata

Firdaus, Iman. (2021). Menteri Sandiaga Uno ingin Cerita Rakyat jadi Nilai Tambah Pariwisata. Dimuat di kompas.tv, dan diakses pada 2 Desember 2023. https://www.kompas.tv/article/149090/menteri-sandiaga-uno-ingin-cerita-rakyat-jadi-nilai-tambah-pariwisata

Harlina, Novia. (2022). Libur Lebaran, Kunjungan Wisata Air Manis Padang Melonjak hingga 300 Persen. Dimuat di liputan6.com, dan diakses pada 4 Desember 2023. https://www.liputan6.com/regional/read/4955149/libur-lebaran-kunjungan-wisata-air-manis-padang-melonjak-hingga-300-persen

Kartika, T., & Riana, N. (2020). Storynomics Tourism as an Effective Marketing Strategy on Tourism Destination (Case Study on Tangkuban Parahu, West Java-Indonesia). TSDR: Tourism and Sustainable Development Review Journal, Vol. 1, No. 1, hal. 33-40. DOI: https://doi.org/10.31098/tsdr.v1i1.8

Kartini, R. A. (2021). Analisis Swot Terhadap Storynomics Tourism Sebagai Strategi Promosi Pariwisata (Studi Kasus Kawasan Wisata Kali Cisadane, Kota Tangerang, Banten, Indonesia). Dynamic Management Journal, Vol. 5, No. 2, hal. 58-69. DOI: http://dx.doi.org/10.31000/dmj.v5i2.5639

Kartodirdjo, A. Sartono. (1986). Suatu Tinjauan Fenomenologi tentang Folklore Jawa, dalam Soedarsono (Ed.). Kesenian, Bahasa dan Folklor Jawa. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2022). Danau Maninjau. Diakses melalui https://wonderfulimages.kemenparekraf.go.id/read/967/danau-maninjau

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2023). Desa Wisata Nagari Wisata Kapalo Banda Taram. Diakses melalui https://jadesta.kemenparekraf.go.id/desa/nagari_wisata_kapalo_banda_taram

Krisna, E. (2018). Legenda Tuanku Taram. Perpustakaan Digital Budaya Indonesia diakses melalui https://budaya-indonesia.org/Legenda-Tuanku-Taram

McKee, Roberts dan Thomas Gerace. (2018). Storynomics: Story-Driven Marketing in the Post-Advertising World. UK: Grand Central Publishing.

Mei, XY., Hagensen, AMS., Kristiansen, HS. (2018). Storytelling through experiencescape: Creating unique stories and extraordinary experiences in farm tourism. Tourism and Hospitality Research Vol. 20 (1) DOI: https://doi.org/10.1177/1467358418813410

O’Connor, N., Kim, S. (2014). Pictures and prose: exploring the impact of literary and film tourism. Journal of Tourism and Cultural Change Vol. 12 (1) DOI: https://doi.org/10.1080/14766825.2013.862253

Putra, I. N. D. (2019). Literary Tourism: Kajian Sastra dengan Pendekatan Pariwisata dalam Nuansa Bahasa Citra Sastra Pendalaman dan Pembaruan dalam Kajian Bahasa dan Sastra. Denpasar: Pustaka Larasan.

Purwadi. (2012). Folklor Jawa. Yogyakarta: Pura Pustaka.

Rukmana, Maman. (2012). Struktur dan Nilai Moral Cerita Rakyat dan Model Pelestariannya. Banten: STKIP SB Press.

Sari, I. A. L., dkk. (2022). Storynomics Bali Aga: Pemanfaatan Cerita Rakyat untuk Promosi Desa Wisata Sidetapa, Kabupaten Buleleng. Jumpa: Jurnal Master Pariwisata, Vol. 8, No. 2, hal. 721-740. DOI: https://doi.org/10.24843/JUMPA.2022.v08.i02.p18

Sari, I. A. (2022). Storynomics: Memanfaatkan Kekuatan Branding Cerita Rakyat. Jurnal ISBI Bandung, Vo. 1, No. 1, hal. 10-16. DOI: http://dx.doi.org/10.26742/pib.v1i1

Sukmadewi, N. P. R. (2021). Storynomics Tourism: Kualitas Wisata Desa Tenganan Pegringsingan. Coltoure: Culture Tourism and Religion, Vol. 2, No. 2, hal. 194-203. DOI: https://doi.org/10.55115/cultoure.v2i2.1578

Wang, Z., Yang, P., Li, D. (2021). The Influence of Heritage Tourism Destination Reputation on Tourist Consumption Behavior: A Case Study of World Cultural Heritage Shaolin Temple. Sage Open Juli-September 2021 DOI: https://doi.org/10.1177/21582440211030275




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v8i2.8174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.