PENINGKATAN JIWA SOSIAL SISWA PAUD GENDIS KELURAHAN SARI REJO MEDAN POLONIA MELALUI CERITA

Nurul Arafah Siregar, Rosmawati Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Gendis di Kelurahan Sari Rejo melalui cerita jenaka. Fokus utama penelitian ini untuk mengatasi berbagai masalah sosial yang dihadapi anak berusia enam tahun, seperti tidak mengakui kesalahan, kurangnya sifat berbagi, dan kebiasaan mengejek teman. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini 15 siswa PAUD Gendis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan cerita jenaka dalam pembelajaran dapat meningkatkan jiwa sosial siswa. Pada siklus pertama, terlihat adanya peningkatan interaksi positif antar siswa, seperti saling membantu dan berbagi. Namun, masih terdapat beberapa siswa yang kurang responsif terhadap cerita jenaka. Pada siklus kedua, setelah dilakukan perbaikan dalam teknik penyampaian cerita dan melibatkan siswa lebih aktif, terjadi peningkatan signifikan dalam perilaku sosial siswa.

Keywords


PAUD, Jiwa Sosial, Cerita Jenaka, Pembelajaran Berbasis Cerita, PTK

References


Adisusilo Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-Karakter. Jakarta: PT Raja Grafindo

Adul, J. S. 1985. Bahasa Indonesia Baku. Jakarta: PT Gramedia.

Agustin, Ria. 2018. Apresiai Sastra Di SD; Upaya Guru Dalam Mengembangkan Otak KiriAnak Melalui Kegiatan Apresiasi Sastra Di SD. https://www.academia.edu/36873277/APRESIASI_ SASTRA_DI_SD

Al Rasyidin. 2006. Kepribadian&Pendidikan. Bandung: Cipta Pustaka

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta As’ad, M. (2002). Psikologi Industri. Yogyakarta: Liberty. Dini. P., Daeng. S. (1996). Metode Mengajar di Taman Kanak-kanak, Bagian 2. Jakarta : Depdikbud.

Al Tridhonanto. 2012. Membangun Karakter Sejak Dini. Jakarta: Gramedia

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.

Djuri, O. Setawan. 2005. Panduan Membuat Karya Tulis. Bandung: Yrama Widya.

Huck, Charlotte S., Susan Hepler, dan Janet Hickman. 1987. Children’s Literature in The Elementary School. New York: Holt, Rinehart and Winston.

Hurlock, Elizabet B. (1978). Perkembangan Anak Jilid I, edisi keenam. Jakarta: Erlangga.

Nafiah, A. Hadi. 1981. Anda Ingin Jadi Pengarang. Surabaya: Usaha Nasional.

Norton, Donna E. 1988. Through the Eyes of a Child: An Introduction to Children Literature. Columbus: Charles Merrill Publishing.

Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Sastra Anak: Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta:Gadjah Mada University Press

Nurgiantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Saxbya, Maurice. 1991. “The Gift Wings: The Value of Literature to Children”, dalam Maurice Saxby & Gordon Winch (eds). Give Them Wings, The Experience of Children’s Literature. Melbourne: The Macmillan Company, hlm. 3?118.

Sugihastuti. 2007. Teori Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sutherland, Z. dan M.N.Arbuthnot. 1991. Children and Books. New York: Harper Collins Publisher.

Thomas Lickona, 1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility.New York, Toronto, London, Sydney, Aucland: Bantam books.

Diah.Puspitaningrum. (2022). Sastra Anak Cerita Rakyat Nusantara dalam Pembentukan Pondasi Karakter Moderat. Asghar: Jurnal of Children Studies, 2(2),93–102.

Riski. Maulana., Prihandini. Asih. 2022. Penerapan Metode Bercerita Dalam Mengembangkan Moral Dan Agama Anak Usia Dini.

Syarifudin, Muhamad & Nursalim. 2019. “Strategi Pengajaran Sastra.” Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 5(2): 1–8. http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1540.

Umah. Nafisatul. 2022. Pembelajaran Sastra Anak Dalam Membentuk Karakter Di Sekolah Dasar. Jakarta : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 7 (2).




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v9i1.9481

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.