PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING BERBASIS WEBBLOG DENGAN PENDEKATAN CTL TERHADAP MATERI LAJU REAKSI

Shinta Mardiana Rumahorbo, Nurfajriani Nurfajriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap media E-Learning berbasis webblog dengan pendekatan CTL. Adapun penelitian ini menggunakan metode (R&D) dengan model ADDIE meliputi tahapan (analysis, design, development, implementation dan evaluation). Produk yang dikembangkan divalidasi oleh 3 validator ahli yang terdiri dari 2 orang dosen kimia dan 1 orang guru kimia. Rata – rata  hasil validasi media terintergrasi Contextual Teaching and Learning (CTL) oleh dosen dan guru kimia yang telah dikembangkan adalah 3,70 pada kategori sangat layak dan validasi materi adalah 3,71 pada kategori sangat layak dan tidak butuh revisi. . Pengunaan Media terintegrasi Contextual Teaching and Learning pada materi Laju Reaksi, diperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 56,0% dimana artinya pembelajaran menggunakan media E-Learning cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil uji hipotesis diperoleh sig.(2. Tailed) sebesar 0,00 dimana sig. yang diperoleh <0,05 yang artinya ada peningkatan hasil belajar siswa.


Keywords


Media; Contextual Teaching and Learning; Laju Reaksi; ADDIE

Full Text:

PDF

References


Akbar , P.S., dan Usman. (2008). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti,I.,dkk (2017). Jurnal Penelitian & Pengembangan Pembelajaran Fisika Mobile Learning Berbasis Android. JPPPF. 3(1) : 57-62.

Baehaqi, I. (2012). Pemanfaatan Media Blog pada Pembelajaran Kimia Materi Hidrokarbon dan Minyak Bumi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas Xa MA NU

Bahrudin,B.,dkk. (2018). Pengaruh Filler Carbon black terhadap sifat dan komposit natural rubber/polypropylene. Jurnal Teknik Kimia Indonesia. 9(2): 62-68

Fajrina, W., Nurfajriani, & Simorangkir, M., (2018). Developing Interactive Computer Based Learning Media of Lectora Inspire to Enhance Conceptual Skills of Senior High Schools Students. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 200, 57-60

Harahap, J ., Nurfajriani, & Silaban, R. (2018).The Development Of Guidance And Kit Innovative Chemistry Lab Based On PBL (Problem Based Learning) According To Curriculum 2013 For Class 12th Of Even Semester. 3rd Annual Internasional Seminar on Transformative Education and Educational.

Kunandar. (2007). Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Lukman, I., Silalahi, A., & Silaban, S., Nurfajrini. (2022). Interactive learning media innovation using lectora inspire solubility and solubility product materials. In Journal of Physics: Conference Series. 2193(1): 1-5. Nasional Kimia Berwawasan Lingkungan 2020.

Moto, M. (2019). Pengaruh penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesia Journal of Primary Education. 3(1):20-28

Muslich,M. (2010). Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu Mudah. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurfajriani, & Nasution, Z., (2015). Pengaruh Software Macromedia Flash Pada Pembelajaran dengan Model Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Pokok Materi Termokimia. Jurnal Pendidikan Kimia. 7(3) : 18-24.

Nurfajriani.,Hajar,S, & Halimah, N.,(2020). Pengaruh Multimedia Articulate Storyline Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Laju Reaksi. Prosiding Seminar

Nurfajriani, Wildayani, H., Nugraha,A., (2021). Pengembangan Bahan Ajar Inovatif Dan Interaktif berbasis Kontekstual Pada Materi Termokimia Di SMA/MA. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Terapan. 2021

Nurhadi. (2004). Pembelajaran Kontekstual dan penerapannya dalam KBK. Malang : UM Press

Rahma, G., Nurfajriani and Jahro, I.S.(2020) Tren Penelitian Pendidikan Proses Pembelajaran Daring Selama. Prosiding seminar Nasional Kimia Berwawasan Lingkunngan, p. 31-7.

Silitonga, P.M. (2014). Statistika Teori dan Aplikasi Dalam Penelitian Edisi Kedua, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Unimed: Medan.

Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i1.5230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Shinta Mardiana Rumahorbo, Nurfajriani Nurfajriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License