UPAYA MENINGKATKAN KREATIFITAS MAHASISWA MENGGUNAKAN BAHAN AJAR KIMIA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL)

Anggi Desviana Siregar, Ravico Ravico, Lenni Khotimah Harahap

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya meningkatkan kreativitas mahasiswa pada pembelajaran kimia menggunakan bahan ajar berbasis Project Based Learning (PjBL). Subjek pada penelitian ini adalah mahasiswa jurusan biologi semester 2 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kerinci yang mengikuti perkuliahan kimia dasar. Penelitian dilakukan dengan desain One-Shot Case Study. Data hasil penelitian diperoleh dari analisis lembar observasi produk dengan skala berpikir kreatif (Creative Thinking Scale/CTS). Analisis data dengan teknik persentase dan diolah secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan kreativitas mahasiswa dalam menghasilkan produk model-model bentuk molekul menggunakan bahan limbah lingkungan termasuk pada kategori sangat tinggi dengan nilai 80. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar kimia berbasis Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan kreativitas mahasiswa

Keywords


creativity, chemistry teaching material, project based learning

Full Text:

PDF PDF

References


Effendy. (2008). Teori VSEPR, Kepolaran dan Gaya Antar Molekul. (2nd ed.). Bayumedia Publishing.

Good, J. J., Woodzicka, J. A., & Wingfield, L. C. (2010). The Effects of Gender Stereotypic and Calcer-Stereotypic Textbook Images on Science Performance. The Journal of Social Psychology, 150(1), 132–147.

Kalay, B. A. (2018). vIdentifikasi Kesalahan Konsep Siswa pada Materi Bentuk dan Kepolaran Molekul dengan Teknik Certainity of Response Index (CRI) dan Perbaikannya Menggunakan Model Pembelajaran Argumen Driven Inquiry (ADI). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

M Situmorang, S. A. (2014). Efektivitas Modul Pembelajaran Inovatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pengajaran Laju Reaksi. Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan, 20(2), 139–147.

Machtmes, K., Johnson, E., Fox, J., & Burke, M. S. (2009). Teaching Qualitative Research Methods through Service-Learning. The Qualitative Report, 4(1), 155–165.

Permendikbud. (2014). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 49 TAHUN 2014 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN TINGGI.

Prastowo, A. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press.

Rati, N. W., Kusmaryatni, N., & Rediani, N. (2017). Model pembelajaran berbasis proyek, kreativitas dan hasil belajar mahasiswa. JPI ((Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 60–71.

Saefudin. (2014). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). AlBidāyah, 1, 37–48.

Sagala, S. (2010). Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Alfabeta.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal Varidika, 30(1), 79–83.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Wasonowati, R. R. T., Redjeki, T., & Ariani, S. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Pada Pembelajaran Hukum - Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(3), 66–75.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i1.5500

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anggi Desviana Siregar, Ravico Ravico, Lenni Khotimah Harahap

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License