PENGARUH E-LEARNING BERBASIS LEARNING MANAGEMENT SYSTEM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA

Dedi Holden Simbolon

Abstract


E-learning merupakan peroses pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran yang dilakukan secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan e-learning terhadap hasil belajar Konsep Dasar IPA pada mahasiswa PGSD Universitas Quality. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dalam bentuk Pretes-postest control group design dengan teknik pengumpulan data berupa instrumen tes hasil belajar dalam bentuk soal essay test sebanyak 10 soal. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 65 orang dimana kelas eksperimen sebanyak 33 orang dan kelas kontrol sebanyak 32 orang. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa untuk pre test kelas eksperimen sebesar 55.48, dengan standar deviasi 8.296. Rata-rata hasil belajar mahasiswa pre tes untuk kelas kontrol sebesar 58,25 dengan standar deviasi 7.662. Untuk post tes rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas eksperimen sebesar 82.69 dengan standar deviasi 8.608 dan rata-rata hasil belajar mahasiswa kelas kontrol sebesar 64.72 dengan standar deviasi 9.426. Secara signifikan, terdapat perbedaan yang hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Konsep Dasar IPA yang belajar dengan menggunakan bantuan media pembelajaran berbasis e-learning dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.


Keywords


E-learning, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Astini, N.K.S 2020. Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran

Online Masa Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 241–255.

Epignosis. 2014. E-Learning: Concepts, Trends, Applications. California, CA:Epignosis.

Faizah, U., Ambarwati, R., & Rahayu, D. A. 2021. From offline to online learning: Various efforts to secure the learning process during covid-19 outbreaks. Journal of Physics: Conference Series, 1747(1).

Fakhri, M.M., Fadhilatunisa, D., Rosidah, Fajar B.M., Satnur, M.A., dan Fajrin, F. 2022. Pengaruh Media E-Learning Berbasis LMS Moodle dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Chemistry Education Review, 5(2), 157-169

Fakhruddin, A.M., Putri, L.O., Sudirman, P.R.A.T., Annisa, R.N., As, R.K.B. 2022. Efektivitas LMS (Learning Management System) untuk Mengelola Pembelajaran Jarak Jauh pada Satuan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 10026-10033

Fauzi, I., dan Sastra Khusuma, I. H. 2020. Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19

Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70.

Hasanah, I., Sarwanto, S., dan Masykuri, M. (2018). Pengembangan Modul Suhu dan Kalor Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA/MA. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(1), 38–44

Hasriadi. 2020. Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Agama Islam. Journal of Islamic Education, 3(1), 59-70

Heru, H., dan Yuliani, R. E. 2020. Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(1), 35–44.

Holmes, B. dan Gardner, J. 2006. E-LEARNING Concepts and Practice. SAGE Publications Ltd: London.

Jogezai, N. A., Baloch, F. A., Jaffar, M., Shah, T., Khilji, G. K., & Bashir, S. (2021). Teachers’ Attitudes Towards Social Media (SM) Use in Online Learning Amid The COVID-19 Pandemic: The Effects of SM Use by Teachers and Religious Scholars During Physical Distancing. Journal Heliyon, 7(4), 1–9.

Kunanbayeva, S. S. 2016. Educationalparadigm: Implementation of the Competence-Based Approach to the Higher School System. International Journal of Environmental and Science Education, 11(18), 12699–12710.

Mali, D., dan Lim, H. 2021. How do students perceive face-to-face/blended learning as a result of the Covid- 19 pandemic? International Journal of Management Education, 19(3), 100552.

Maqableh, M., dan Alia, M. 2021. Evaluation online learning of undergraduate students under lockdown

amidst COVID-19 Pandemic: The online learning experience and students’ satisfaction. Children

and Youth Services Review, 128(1).

Mulyono, N. dan Susilawati, L. 2021. Penerapan Media Pembelajaran Hybrid Learning Pada Matakuliah Membaca II Mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 8(1), 289-295

Mustakim, Trisnaningsih, dan Adha, M. M. 2021. The Effectiveness of Online Collaborative Learning During Covid-19 Pandemic. 513, 256–262.

Pratiwi, P. H., Nur, H., dan Martiana, A. 2017. Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209

Rofiah, A., Suchaina, Sobakh, N. 2021. Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Learning Management System (LMS) Berbasis Moodle Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi Di Universitas PGRI Wiranegara. Prosiding Tansformasi Pembelajaran Nasional (Pro-Trapenas) 2021, 1(1), 418–427

Sam, N.E. dan Idrus, R. 2021. Pandemi Covid-19 Efektivitas Media E-Learning Berbasis Learning

Management System (LMS) Di Era. Jurnal Ikraith-Humaniora, 5(3), 11-17

Saputra, N., Hikmah, N., Yustitia, V., Saputra, M., Wahab, A., & Junaedi, J. 2021. Implementation of Online Learning Using Online Media, During the Covid 19 Pandemic. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences, 4(2), 1802–1808.

Simbolon, D.H. 2021. Implementasi LMS (Learning Management System) Moodle Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Universitas Quality. Jurnal Curere, 5(1), 1-8

Simbolon, D.H., Perangin, R.H. dan Sebayang, K. 2021. Penerapan LMS (Learning Management System) Moodle Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas Tinggi Mahasiswa Di Universitas Quality. Jurnal Curere, 5(2), 92-98

Surjono, H.D. 2011. Membangun Course Elearning Berbasis Moodle. UNY Press: Yogyakarta.

Widayoko, A. 2021. Penggunaan LMS Schoology Pada Pembelajaran Fisika SMA Materi

Fluida Statis Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Fisika, 6(1), 13–19

Windhiyana, E. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Di Perguruan Tinggi

Kristen Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 1–8

Yana, D. dan Adam. 2019. Efektivitas Penggunaan Platform LMS Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Dimansi, 8(1), 1-12




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v6i1.5510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dedi Holden Simbolon

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License