Pengaruh Praktikum Aplikatif Berbasis Chemoentrepreneurship (CEP) terhadap Hasil Belajar Siswa di Kelas XI MAS Amaliyah Sunggal
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktikum aplikatif berbasis chemoentrepreneurship (CEP) terhadap hasil belajar siswa dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pada materi koloid yang menggunakan metode praktikum aplikatif berbasis CEP dan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan di X1 MAS Amaliyah Sunggal tahun ajaran 2018/2019 dengan menggunakan dua sampel kelas yaitu kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah, dan kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran praktikum aplikatif CEP. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian diperoleh rata – rata pretest siswa pada kelas eksperimen bernilai 37, sedangkan pada kelas kontrol 39. Pada postest rata – rata meningkat untuk kelas eksperimen bernilai 56 dan pada kelas kontrol memiliki rata – rata 52. Persentase pada kelas eksperimen yaitu 51,4% sehingga termasuk kriteria sedang pada uji N – gain, sedangkan pada kelas kontrol tingkat persentase yaitu 33,3% sehingga termasuk kriteria pada uji N - gain rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh praktikum aplikatif berbasis CEP terhadap hasil belajar siswa materi koloid di kelas XI MAS Amaliyah Sunggal.
Kata kunci: chemoentrepreneurship; hasil belajar; koloid
Full Text:
PDFReferences
Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia
Nelia, Adora M.2014. Group Investigasi In Teaching Elementary Science. International Journal Of Humanities And Management Science.Vol 2. Issue 3, ISSN 2320-40444
Roni, Ropinus, dkk. 2015. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Praktikum Dengan Pendekatan Chemoentrepreneurship Materi Sistem Koloid: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP UNTAN
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v4i1.2595
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Dinda Nickyanti, Julia Maulina, Dian Nirwana Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id