Pembelajaran Materi Sistem Periodik Unsur Menggunakan TGT (Team Games Tournament) Berbantukan Alat Peraga terhadap Hasil Belajar di Kelas X SMA UISU Medan

Osnia Osnia, Lisa Aryanti Pohan, Adilah Wirdhani Lubis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat perubahan belajar materi sistem periodik unsur menggunakan TGT (Team Games Tournament) berbantukan alat peraga terhadap hasil belajar Di Kelas X SMA UISU Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS UISU Medan dan dilaksanakan pada Agustus 2019 s/d September 2019. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA UISU Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari kelas IPA dan IPS sedangkan sampel yang digunakan adalah pada kelas IPA yang berjumlah 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental. Analisis data dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung sebesar 4,54 dan ttabel sebesar 1,669 pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05. Karena thitung > ttabel (4,54 > 1,669), maka hipotesis alternatif penelitian (Ha) diterima yang berarti bahwa Ha : Terdapat pengaruh TGT (Team Games Tournament) dengan menggunakan alat peraga terhadap materi sistem periodik unsur. Maka Kesimpulan dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Materi Sistem Periodik Unsur Berhasil Menggunakan TGT (Team Games Tournament) Berbantukan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Di Kelas X SMA UISU Medan.

Kata kunci: Quasi Experiment, TGT (Team Games Tournament)


Full Text:

PDF

References


Candri, C.W. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pelita Pendidikan Vol. 4 Hal:124-134.

Nana, S. 2010. Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana, S. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Slavin, E.R. 2011. Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sadiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v4i1.2596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Osnia Osnia, Lisa Aryanti Pohan, Adilah Wirdhani Lubis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License