Pembuatan Bakso dari Daging Ikan Tongkol (Eurhynnus affinis)

Seriana Zamili, Mareti Hulu, Irmawati Irmawati, Sri Fitriyani Sihombing

Abstract


Bakso adalah salah satu jenis makanan yang banyak disukai oleh masyarakat luas. Bakso dalam penelitian ini adalah bakso dari ikan tongkol dengan menggunakan daging merah dan daging putih dengan perbandingan tepung 50 %, 70 % dan 80 %. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu bakso yang lebih disukai oleh responden antara bakso ikan tongkol yang menggunakan daging putih dan bakso ikan tongkol yang menggunakan daging merah dengan variasi perbandingan tepung yang sama antara bakso dengan menggunakan daging putih dan bakso dengan menggunakan daging merah. Bakso yang telah dihasilkan dianalisis secara kualitatif yaitu berdasarkan uji organoleptik meliputi uji rasa, aroma, warna dan tekstur. Hasil penelitian bahwa jenis daging pada ikan tongkol yaitu daging merah dan daging putih mempengaruhi rasa, warna dan tekstur pada bakso serta perbandingan tepung dengan daging  banyaknya daging ikan, dimana bakso dengan daging putih dan perbandingan tepung 70 % diperoleh data responden yaitu uji organoleptik rasa 80 %, aroma 90 %, warna 100 % dan tekstur 100 %.

 Kata Kunci : bakso ikan, daging putih ikan tongkol, daging merah ikan tongkol


Full Text:

PDF

References


Astuti, E. 2009. Pengaruh Jenis Tepung Dan Cara Pemasakan Terhadap Mutu Bakso Dari Surimi Ikan Hasil Tangkapan Sampingan (HTS). Skripsi. Program Studi Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Perikanan dan Kelautan. Institut Pertanian Bogor.

Bakar, A. dan Usmati S. 2007. Teknologi Pengolahan Daging. Bogor : Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pasca Panen Pertanian.

Wibowo, S. 2004. Pembuatan Bakso Ikan dan Bakso Daging. Penebar Swadaya. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v4i1.2597

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Seriana Zamili, Mareti Hulu, Irmawati Irmawati, Sri Fitriyani Sihombing

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License