Peningkatan Keterampilan Proses Sains Menggunakan Model Inkuiri pada Materi Redoks di SMA Bukit Batu Riau
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa peningkatan keterampilan proses sains melalui model pembelajaran inkuiri dan untuk mengetahui aspek rata-rata keterampilan proses sains siswa yang terukur melalui model pembelajaran inkuiri pada materi redoks . Desain penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen dalam penelitian ini adalah menggunakan instrumen tes keterampilan sains dalam bentuk non tes berupa lembar observasi dan tes berupa uraian. Tes keterampilan proses sains yang digunakan dalam penelitian ini meliputi keterampilan berkomunikasi, keterampilan merumuskan masalah, keterampilan menggunakan alat dan bahan, keterampilan meramalkan (prediksi), keterampilan mengamati (observasi), keterampilan menafsirkan (interpretasi) dan keterampilan mengelompokkan (klarisikasi). Proses Sains yang terukur terlihat bahwa aspek mengamati (observasi) merupakan aspek yang tertinggi yang dicapai oleh siswa yaitu dengan nilai rata- rata 91%. aspek merumuskan masalah merupakan aspek yang terendah yang dicapai siswa yaitu dengan nilai rata- rata 74%. Sedangkan peningkatan hasil belajar diperoleh nilai sebesar 0,52 dan dikategorikan sedang.
Kata Kunci : Keterampilan Proses Sains, Inkuiri, Materi Redoks
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, 2007, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, edisi Revisi VI, Jakarta, Rineka Cipta
Diah Kusumaningsih, (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis Siswa. Universitas Negeri Yogyakarta.
Iswanto, 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta, pustaka Belajar
Luluk Mufidah. 2014. Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Program Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sains,2 (1): 18-27.
Nanda Maikristina, dkk. 2013. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Malang pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Kimia,2 (2): 1-8.
Ulya Dewi Annur, dkk. 2012. Upaya Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 21 Malang Melalui Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika, 2 (1): 1-9.
Wenni Jayanti, 2013, Deskripsi Keterampilan Proses Sains Pelajaran Kimia Dalam Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Flash Pada Siswa SMA, Pontianak: UNTAN.
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v4i1.2598
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Suherni Suherni, Julia Maulina, Dian Nirwana Harahap

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id