MENINGKATKAN MOTIVASI PESERTA DIDIK DENGAN MODEL KUANTUM TEACHING PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI MAS
Abstract
Kurikulum 2013 digunakan untuk penguasaan kecakapan era milenial maka pembelajaran Kimia di SMA/MA bukan hanya untuk pengalihan pengetahuan dan keterampilan saja, tetapi juga untuk membangun kemampuan berpikir tingkat tinggi. Materi dalam termokimia bersifat konsep dan sering dianggap sulit oleh peserta didik. Untuk itu guru/peneliti perlu meningkatkan motivasi peserta didik dengan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam model mengajar kuantum (Quantum Teaching), media power point, menggunakan pendekatan discoveri serta inquiri, menggunakan media permainan ular tangga untuk evaluasi diakhir materi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi peserta didik dengan nilai rata-rata kelas ≥ 80,0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dilakukan di MAS PN BESITANG Kabupaten Langkat Sumatera Utara, kelas XI-1, di laksanakan di semester ganjil tahun Ajaran 2018/2019. Hasil penelitian adalah persentase rata-rata untuk indikator positif dari siklus I sampai siklus V terdapat peningkatan, nilai rata-rata 82,48 berarti lebih besar dari 80,0 artinya tujuan penelitian ini telah tercapai.
Full Text:
PDFReferences
Ariani, I. 2012. Model pembelajaran Quantum Teaching. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2017. Diakses dari http://home.tb.ask.com/index.jhtml.
Arikunto Suharsimi, Suharjono, Supardi. 2014. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta Penerbit Bumi Aksara.
Hamdu, G. Agustina, L. 2011. Jurnal Pendidikan Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA. Dibuka pada tanggal 16 Oktober 2017. Diakses dari http://www. undana. ac.id /jsmallfibtop /Jurnal/Pendi di kan/endidikan2011.pdf
Hanafy, Sain, M. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makasar.
Hidayat Anwar, 2013. Tutorial Uji Normalitas dengan SPSS Lengkap. Diakses pada tanggal 17 April 2019. Diakses dari https:// www. Statistikian .com / 2013/02/uji-normalitas-pada-spss.html
Hidayat Anwar, 2014. Tutorial Independen T Test dengan SPSS, Diakses pada tangga 18 April 2019 dari https://www.statistikian. com/2014/ 04/ independen-t-test-dengan-spss.html/amp
Jurnal Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar. Diakses 16 Oktober 2017 dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpv/article/download/PeningkatanMotivasidanHasilBelajar.
Nafiun, 2013. Termokimia Rumus Perubahan Entalpi. Diakses pada tanggal 14 juli 2019 dari http://www. nafiun. com/ 2013/ 06/termokimia-rumus-perubahan-entalpi.html.
Pebruanti, L. Munadi, S. 2015. Peningkatan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Diakses pada tanggal 16 Oktober 2017 dari https:// journal. uny. ac. id/index.php/jpv/article/download/PeningkatanMotivasidanHasilBelajar
Raharjo, Sentot Budi 2016. Kimia Berbasis Eksperimen Buku Siswa. Edisi Revisi. Solo: Tiga Serangkai.
Suryani, R. 2017. Kreasi dan Berprestasi Kimia Semester 1 Kelas XI Untuk SMA-MA. Jakarta: Media Kreasi.
Riadi, Muchlisin. Metode Pembelajaran Penemuan Discovery Learning. Diakses pada tanggal 13 November 2017 dari https :// www. kajian pustaka. com/2017/09/metode-pembelajaran-penemuan discovery-learning. html.
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v3i2.2855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Azizah Anim, Julia Maulina, Lisa Ariyanti Pohan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id