IMPLEMENTASI UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) TERHADAP BERPIKIR KREATIF MAHASISWA PADA POKOK BAHASAN LAJU REAKSI

Hisar Marulitua Manurung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi unit kegiatan belajar mandiri (UKBM) terhadap berpikir kreatif mahasiswa pada pokok bahasan laju reaksi. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen semu (kuasi eksperimen) dengan populasi seluruh mahasiswa pendidikan matematika semester 3 dan sampel penelitian sebanyak 72 mahasiswa di Program Studi Pendidikan Matematika Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar yang ditentukan menggunakan random sampling yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas kontrol (kelas yang dibelajarkan dengan model Direct Instruction (DI)) dan kelas eksperimen (kelas yang dibelajarkan dengan UKBM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir kreatif yang terkembaang pada mahasiswa kelas eksperimen sebesar 3,25  lebih tinggi daripada kelas kontrol sebesar 3,00. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh implementasi UKBM terhadap berpikir kreatif mahasiswa pada pokok bahasan laju reaksi.


Full Text:

PDF

References


Chandrasegaran, A.L., Treagust, D.T., and Mecerino, M. (2007). The Development of a Two-tier Multiplechoice Diagnostic Instrument for Evaluating Secondary School Students’ Ability to Describe and Explain Chemical Reactions Using Multiple Levels of Representation. Chemistry Education Research and Practice, 8(3), 293-307.

Feyzioglu, B. (2009). An investigation of the relationship between science process skills with efficient laboratory use and science achievement in chemistry education. Turkish Science Education, 6(3), 114–132.

Karsli, F., Sahin, C., & Ayas, A. (2009). Determining science teachers' ideas about the science process: A case study. Procedia Social and Behavioral Science, 890-895. doi:https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2009.01.158.

Kemendikbud. (2016). Penilaian Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan PPGP. Jakarta: Dirjen GTK.

Kemendikbud. (2017). Model Pengembangan RPP. Jakarta: Dirjendikdasmen.

McDermott, L. C. (1991). Millikan lecture (1990): What we teach and what is learned-closing the gap. American Journal of Physics, 59, 301–315.

Nicoll, G. & Francisco, J. S. (2001). An Investigation of the Factors Infl uencing Student Performance in Physical Chemistry. Journal of Chemical Education, 78(1), 99 – 102.

Niaz, M. (2005). How to facilitate students’ conceptual understanding of chemistry? A history and philosophy of science perspective. Chemical Education International, 6(1), 1-5.

Qurniawati, A., & Saputro, A. N. C. (2013). Efektivitas metode pembelajaran kooperatif tipe numbered

head together (nht) dengan media kartu pintar dan kartu soal terhadap prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrokarbon kelas x semester genap sma negeri 8 surakarta. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(3), 166-174.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v3i2.2857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hisar Marulitua Manurung

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License