OPTIMASI WAKTU REAKSI DAN VOLUME PELARUT PADA PEMBUATAN SUKROSA ESTER DARI METIL ESRTER

Sukmawati Sukmawati, Pratiwi Putri Lestari

Abstract


Sukrosa ester merupakan salah satu jenis surfaktan yang dihasilkan dengan cara disintesis dari minyak nabati, dimana pada sebelumnya surfaktan disintesis dari minyak bumi yang semakin lama semakin menurun produksinya serta sukar terurai secara biologi. Surfaktan mempunyai sifat-sifat sebagai pengemulsi, pembusaan, deterjen dan pelarutan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menentukan waktu reaksi/pengoperasian dan volume pelarut yang optimum pada pembuatan sukrosa ester dan menghitung bilangan penyabunan, bilangan asam dan nilai HLB pada pembuatan sukrosa ester dari metil ester. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metil ester, sukrosa, dan air. Alat yang digunakan pada penelitian ini adalah labu leher tiga, termometer, magnetik stirer, pendingin liebig, beaker glass, erlenmeyeer, buret, gelas ukur, penangas air dan corong pemisah. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode esterifikasi. Dari hasil penelitian dengan waktu pengoperasian yaitu 3, 4, 5, 6 dan 7 jam serta variasi volume pelarut 80, 85, dan 90 ml diperoleh nilai optimum produk sukrosa ester yaitu pada waktu 3 jam dengan volume pelarut 80 ml. Hasil analisa produk yang diperoleh yaitu konsentrasi sukrosa ester sebesar 3,225 mol/liter, nilai bilangan penyabunan 9,35, nilai bilangan asam 70,125, dan bilangan HLB sebesar 17,333 yang menunjukkan bahwa surfaktan yang dihasilkan termasuk jenis pengemulsi o/w (pengemulsi minyak dalam air).

Kata kunci :  Sukrosa; Metil Ester; Surfaktan


Full Text:

PDF

References


Adamapoulos,.2010. “Studi Awal Mengenai Pembuatan Surfaktan Dari Ampas Tebu”. Jurusan Teknik Kimia. Yogyakarta:UNDIP.

Anonim, 2012.Luas Lahan Sawit Indonesia 9,27 Hektar.

Biscaia F.C, Joana, 2008. Kayu: Kimia, ultra struktur dan reaksi-reaksi. Terjemahan olehHardjono Sastrohamidjojo. Yogyakarta: GadjahMada University Press.

Hysis,2011. Development of water reducing agent from creosote oil. J. Conc. Sci, 63(2), 111-123.

Suwindi & Iqbal, 2017. “Optimasi rasio perbandingan metil ester : sukrosa dengan waktu pada pembuatan sukrosa ester dari metil ester”. Jurusan Teknik Kimia, Institut Teknologi Medan, Sumatera Utara.

Whitehurst,2004. Ammoxidizedlignosulfonate cementdispersant. US-Patent: US 6,238,475 B1.https://id.wikipedia.org/wiki/Surfaktan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License