PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM KOLOID
Abstract
Model pembelajaran kooperatif merupakan salah satu model pembelajaran kelompok-kelompok kecil dengan jumlah anggota 4 - 5orang siswa yang diambil secara heterogen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe stad. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Nurul Amaliyah Tanjung Morawa. Data yang diperoleh menunjukan berdistribusi normal dimana Ltabel (0.160 < 0,161). Untuk nilai pretest diperoleh data Lhitung< Ltabel (0,104< 0,161) pada nilai postest. Dan uji homogenitas diperoleh nilai Fhitung< Ftabel (1,08< 1,86) pada hasil postest menyatakan bahwa kemampuan populasi bersifat homogen. Dengan digunakan sebagai sampel penelitian. Nilai rata-rata postest pada kelas eksperimen semu adalah X = 7,6 dengan standar deviasi (S) = 0,95. Dari hasil perhitungan statistik menggunakan uji t diperoleh thitung > ttabel ( thitung = 18,31> ttabel = 2,002 ) sehingga hasil yang diperoleh menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, dengan demikian berarti terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem koloid.
Kata Kunci : Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar Siswa, Koloid
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi.2007. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Bina Aksara
Darsono, (2000), Belajar dan pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta.
Dimyati, dan Mujiono, (2002), Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta
Isjoni,. (2007). Cooperative Learning, Alfabeta, Pekan Baru.
Lie, (2010), Model Pembelajaran inofatif, Media Persada, Medan.
Marpaung, (2007), Pengaruh pembelajran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil belajar Kimia Siswa, Skripsi FMIPA, Universitas Negeri Medan
Purba, Michael., (1994). Ilmu Kimia SMA Jilid 1B, Edisi Pertama, Erlangga, Jakarta.
Sudjana, (2005), Metode Statistik Edisi ke Enam, Tarsito, Bandung
Sukardjo., (2009). Ilmu Kimia SMU, Edisi Pertama, Bumi Aksara, Jakarta.
Suprijono dan Agus., (2009). Cooperative Learning, Pustaka Pelajar, Surabaya.
Slameto, (2003), Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v4i1.3620
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Wildawani Siregar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id