PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DAN NHT
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tipe NHT. Populasi yang digunakan 2 kelas masing-masing 30 siswa. Dimana kelas X-KA1 menjadi kelas eksperimen I (NHT) dan kelas X-KA4 menjadi kelas eksperimen II (STAD). Sampel yang digunakan adalah random sampling. Data berdistribusi normal yaitu Lhitung ˂ Ltabel (0,0882˂0,161) untuk nilai postes kelas eksperimen I (NHT) dan Lhitung ˂ Ltabel (0,0493˂0,161) untuk nilai postes kelas eksperimen II (STAD). Uji Homogenitas pada hasil postes diperoleh Fhitung ˂ Ltabel (1,28˂1,86) sehingga disimpulkan populasi bersifat homogen. Nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen I (NHT) adalah = 5,82 dengan standar deviasi adalah S = 2,12 dan nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen II (STAD) adalah = 4,78 dengan standar deviasi S = 1,56. Uji hipotesis nilai thitung = 8,455 sedangkan nilai ttabel = 2,002 sehingga thitung > ttabel, dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan., (2013). Pengembangan dan Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013, Prestasi Pustakaraya, Jakarta.
Isjoni,. (2007). Cooperative Learning, Alfabeta, Pekanbaru.
Sudjana., (2012). Metoda Statistika, Tarsito, Bandung.
Suprijono danAgus., (2009). Cooperative Learning, Pustaka Pelajar, Surabaya.
Tirtarahardja dan Sulo., (2008). Pengantar Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta.
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v3i1.3888
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Hidayati Hura, Yuniarti Yusak, Budianto Budianto, Uswatun Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id