PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DENGAN POWER POINT PADA MATERI IKATAN KIMIA

Ribka Nisdawati Telaumbanua

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan  model pembelajaran PBL ( Problem Based Learning) dengan Model Student Teams Achievement Division (STAD) menggunakan Media Power Point terhadap  hasil belajar kimia siswa pada materi Ikatan Kimia.. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata dari pre-test yaitu pada kelas eksperimen I adalah 59,3 dengan standar deviasi 41,109 sedangkan pada test akhirnya (post-test) adalah 82,3 dengan standar deviasi 38,235.Untuk  nilai rata-rata kelas eksperimen II pada pre-testnya adalah 58,1 dengan standar deviasi 49,665 untuk post-testnya adalah 80,1 dengan standar deviasi 39,594. Untuk uji normalitas data pada kelas eksperimen I menggunakan Problem Based Learning dan pada kelas eksperimen II menggunakan Student Teams Achievement Division dan post-test kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji Homogenitas kedua kelas sampel homogen. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang menggunakan Uji-t (hipotesis) nilai Pre-test  thitung> ttabel yaitu 1,75< 1,81, nilai post-tes  = 1,81 maka, 2 > 1,81 sehingga  ditolak dan  diterima. Penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa antara yang dibelajarkan menggunakan model Problem Based Learning dan yang dibelajarkan menggunakan model Student Teams Achievement Division.


Keywords


Hasil belajar; problem based learning; student teams achievement.

Full Text:

PDF

References


Holidan (2013). perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dan NHT (Numbered Head Together) pada materi pokok sistem periodik Unsur di kelas X SMA Negeri 21.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia

Istarani., (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada: Medan

Rusman, (2012). Belajar dan pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Suprijono dan Agus., (2009). Cooperative Learning, Pustaka Pelajar, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v4i2.4622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ribka Nisdawati Telaumbanua

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License