PENGGUNAAN VIDEO DEMONSTRASI LARUTAN BUFFER MENGGUNAKAN MODEL TGT DAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Samsinur Samsinur

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan model TGT (Teams Games Tournament) dengan siswa yang diajar dengan model Make A Match menggunakan video demonstrasi larutan buffer. Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan TGT pada materi larutan penyangga dikelas XI IPA SMAN 1 Tanjung Tiram memiliki nilai rata-rata pre-test adalah 62,89 dan nilai rata-rata untuk post-test adalah 81,184, sedangkan Hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan Make A Match pada materi larutan penyangga dikelas XI IPA SMAN 1 Tanjung Tiram memiliki nilai rata-rata pre-test adalah 44,3  dan nilai rata-rata untuk post-test adalah 73,421. Untuk uji normalitas data pada kelas eksperimen I menggunakan model TGT dan pada kelas eksperimen II menggunakan model Make A Match dan post-test kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji Homogenitas kedua kelas sampel homogen. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang menggunakan hasil hipotesis dalam penelitian ini yaitu dan Ha diterima dengan nilai thitung> ttabel yaitu 7,91 > 1,99 Maka dari hasil analisa terhadap rumusan hipotesis menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan video demonstrasi pada materi  larutan buffer dikelas XI IPA SMAN 1 Tanjung Tiram.

Keywords


Hasil belajar; Teams games tournament; Make a match.

Full Text:

PDF

References


Ismayanti , A. (2010). Penerapan Media Komputer (Animasi Flash Power Point) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia : Bengkulu.

Istarani, (2012). 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.

Kartika, A.(2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams games Tournament) Terhadap Aktivitas dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Hidrolisis garam yang Menggunakan Media Kartu Kuartet. Skripsi. IKA IKIP.Malang.

Markono. (2011). Perbedaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Model Pembelajaran Konvensional Pada Hasil Belajar Ekonomi Mahasiswa FE UNPAB. Jurnal Ilmiah Abdi Ilmu. (Volume 4 Nomor 2) : 613.

Muslim, B. (2015). Pembelajaran Hidrolisis Garam Menggunakan Model Pembelajaran Pemecahan Masalah Tipe Galet. Jurnal Keguruan. (Volume 1 Nomor 1): 76.

Ngalimun. (2012). Strategi dan Model Pembelajaran. Banjarmasin : Aswaja Pressindo.

Slavin, R. (2005). Cooperatif Learning : Teori, Riset, dan Praktik. Bandung : Nusa Media.

Suyono, dkk. (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Kimia Berorientasi Keterampilan Generik Sains pada Siswa SMA di Propinsi Lampung. Jurnal Keguruan. (Volume 1 Nomor 1) : 01.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v5i1.4624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Samsinur Samsinur

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License