PERBEDAAN PENGGUNAAN LABORATORIUM VIRTUAL DAN LABORATORIUM REAL TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI SIKAP ILMIAH SISWA PADA POKOK BAHASAN ASAM BASA DI SMA NEGERI 1 SIPIROK

Fatma Suryani Harahap, Jalilah Azizah Lubis, Jeni Yanti Hasibuan

Abstract


Penelitian ini bertujuan sebagai perbandingan bagi guru bahwa dengan adanya laboratorium virtual dapat memudahkan guru melaksanakan praktikum. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan proses dan hasil belajar siswa dengan menggunakan laboratorium real dan laboratorium virtual materi titrasi asam basa. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sipirok. Uji coba penelitian menggunakan dua kelas dengan pembagian satu kelas control dan satu kelas eksperimen.  Hasil dari penelitian ini adalah pada kelas eksperimen melalui penggunaan laboratorium virtual memiliki rata-rata 63,23 dan untuk kelas kontrol dengan penggunaan laboratorium real memiliki rata-rata 60,58. Dalam hal ini kelas yang diberikan perlakuan dengan laboratorium virtual memiliki hasil belajar yang lebih bagus dibandingkan laboratorium real. Pada kelas laboratorium virtual hasil belajar siswa dengan sikap ilmiah tinggi memiliki rata-rata 82, sedang 60.58 dan rendah 45,71. Sedangkan pada kelas laboratorium real hasil belajar siswa dengan sikap ilmiah tinggi memiliki rata-rata 72.5, sedang 59.47 dan rendah 50. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa ditinjau dari sikap ilmiah siswa pada pokok bahasan asam basa di SMA Negeri 1 Sipirok. Hal ini menunjukkan penggunaan laboratorium virtual dan laboratorium real memberikan pengaruh yang berbeda terhadap sikap ilmiah siswa.


Keywords


Hasil Belajar, Laboratorium Real, Laboratorium Virtual

Full Text:

PDF

References


Faizah, Miswadi dan Haryani. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Soft Skill dan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2): 120-128.

Hafni, N. 2010. Pengaruh Penggunaan Laboratorium Virtual Dibandingkan dengan Laboratorium Riil dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Laju Reaksi. Tesis. Medan: Program Pascasarjana Unimed.

Jahro, I.S. 2009. Analisis Penerapan Metode Praktikum Pada Pembelajaran Ilmu Kimia Disekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Kimia. 1(1): 20 – 26.

Matsun, dkk. 2016. Penggunaan Laboratorium Riil dan Virtual Pada Pembelajaran Fisika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Ditinjau Dari Kemampuan Matematis Dan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro. Vol. IV. No. 2. Hal : 137-152.

Padmanthara, S. 2007. Pembelajaran Berbantuan Komputer dan Manfaat Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 11(2): 130-142.

Sulistiowati, N dan Yuanita, L. 2013. Perbedaan Penggunaan Laboratorium Real dan Laboratorium Virtual Pada Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Materi Titrasi Asam Basa. Jurnal Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. Vol. 2. No.2. Hal : 191-197

Tukan, M.B. 2015. Perbeadaan Penggunaan Laboratorium Real dan Laboratorium Virtual Pada Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Mahasiswa Materi Asam Basa Pada Mata Kuliah Kimia Dasar II. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains UKWS. Hal 171-176.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v5i2.4725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fatma Suryani Harahap, Jalilah Azizah Lubis, Jeni Yanti Hasibuan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License