PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH ALIYAH

Fuadaturrahmah Fuadaturrahmah, Yumira Simamora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan Media animasi computer dan LKS Terhadap Hasil Belajar (Kognitif, Psikomotor, Dan Afektif) Kimia Siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas  XI IPA MA. LAB UIN SU Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan total siswa 60 siswa. Adapun sampel yang diambil satu kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebanyak 30 siswa/kelas. Instrument yang digunakan untuk mengetahui hasil kognitif adalah test objektif dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 23 soal yang sudah valid. Berdasarkan analisis data hasil belajar diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar siswa  adalah 37,0 + 8,5 dan setelah diberikan pembelajaran melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media animasi komputer dan LKS diperoleh hasil belajar siswa sebesar 87,0 + 7,5 denga rata-rata gain sebesar 0.81. diperoleh data kognitif (Post Test : 87,0 + 7,5 dan gain 81 %), data afektif 81 +4,7 sedangkan data psikomotor 86 + 6,8. Peningkatan hasil belajar kimia siswa yang signifikan sebesar 81 %. Hasil pengujian hipotesis diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 4,38 > 1,699 dengan taraf signifikasi 5% (α = 0,05) sehingga Ha diterima yang berarti dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan bantuan media animasi komputer dan LKS terhadap hasil belajar kimia siswa.


Keywords


Problem Based Learning (PBL); Media; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S., (2006), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi VI, Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, S. B., (2011), Psikologi Belajar (Edisi Revisi), Rineka Cipta, Jakarta.

Djamarah, S. B., dan Zain A., (2006), Strategi Belajar Mengajar (Edisi Revisi), Rineka Cipta, Jakarta.

Indah, F., Sukardjo, J. S., Utami, B., (2013), Penerapan Metode Teams Games Tournament (TGT) Dilengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI Semester Genap SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 2 No 4 Tahun 2013: Hal 159-164..

Istarani, (2012), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada, Medan.

Lestari, N. D., Ariani, S. R. D., Ashadi, (2014), Pengaruh Pembelajaran Kimia Menggunakan Metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dan Team Assisted Individualization (TAI) Dilengkapi Media Animasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI Semester Ganjil SMK Sakti Gemolong Tahun Pelajaran 2013/2014, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol 3 No 1 Tahun 2014, Hal 44-50.

Mashuri, M. T., (2014), Upaya Peningkatan Representasi Peserta Didik Melalui Media Animasi Submikroskopik Untuk Materi Pokok Larutan Penyangga, Universitas Islam Kalimantan, Banjarmasin.

Ngalimun, (2014), Strategi dan Model Pembelajaran,Aswaja Pressindo, Yogyakarta.

Penggabean, F., Silaban, R., (2014), Pengaruh Penggunaan Media Animasi Komputer Terhadap Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kesetimbangan Kimia, Unimed, Medan.

Silitonga, P. M., (2011), Metodologi Penelitian Pendidikan, FMIPA Unimed, Medan.

Situmorang, I. M., (2014), Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Pembentukan Karakter dan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Peta Konsep dengan Topik Konsep Mol, Unimed, Medan.

Suyanti, D. R., (2006), Strategi Pembelajaran Kimia, FMIPA Unimed, Medan.

Yulinarti, I., Andayani, Y., Savalas, T., (2013), Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemandirian dan Prestasi Belajar Kimia Materi Pokok Koloid Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMA Negeri 2 Mataram Tahun Ajaran 2012/2013, Universitas Mataram, Mataram.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v5i2.4803

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fuadaturrahmah Fuadaturrahmah, Yumira Simamora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License