EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF MELALUI PROSES PEMBELAJARAN KIMIA PADA MATERI SISTEM KOLOID
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Artini, N. P. J., & Wijaya, I. K. W. B. (2020). Strategi Pengembangan Literasi Kimia Bagi Siswa Smp. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 100-108. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.97
Avianti, R., & Yonata, B. (2015). Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Materi Asam Basa Kelas Xi SMAN 8 Surabaya. UNESA Journal of Chemical Education, 4(2), 224–231.
Civics, & Nadya Putri Saylendra. (2020). Implementasi Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam Pembelajaran PPKn. CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1). https://doi.org/10.36805/civics.v3i1.853.
Eviliyanida. (2011). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF. Visipena, 2(1), 21-27. https://doi.org/10.46244/visipena.v2i1.36
Khasanah, F. (2016). Model pembelajaran kooperatif tipe stad (Students Teams Achievement Division). Ilmiah, 18, 48–57.
Kasmawati, K. (2018). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’, 11(1). https://doi.org/10.30984/jii.v11i1.578
Kerti, G. A. S. (2017). Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Achievement Divisions (STAD). Dharmasmrti: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 17(2), 74–79. https://doi.org/10.32795/ds.v17i02.92
Litantra, D. L., & Astuti, F. H. (2021). Analisis Lean Education Guna Meminimasi Waste pada Proses Pembelajaran Kimia SMA. Jurnal Penelitian Dan Aplikasi Sistem & Teknik Industri (PASTI), 15(2), 173–185.
Norenawati, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams – Achievement Divisions (STAD) Pada Pembelajaran PAK. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2828
Paryanto, S. P. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division). Ahlimedia Press, Jl. Ki Ageng Gribing, Gang Kaserin MU No.36, Kota Malang 65138.
Putri, I. P. (2018). Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (stad) dalam pembelajaran maatematika. Jurnal JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 128–134.
Rahayu, S. (2017). Mengoptimalkan Aspek Literasi Dalam Pembelajaran Kimia. Prosiding Seminar Nasional Kimia UNY 2017, 1–16. Yogyakarta
Warsiman, W. (2022). Pengembangan Model Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Pembelajaran Menyimak. Jurnal Pendidikan Edutama. Retrieved from https://www.ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/article/view/2195
Windi Anisa, F., Ainun Fusilat, L., & Tiara Anggraini, I. (2020). Proses Pembelajaran Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 158–163). Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.
Yusniati, Y., Novaliyosi, & Iskandar, K. (2017). Model pembelajaran kooperatif Model pembelajaran kooperatif. Jppm, 10(1), 1–7.
DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i1.7055
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Susi kamelia KAMELIA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science
Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id