PREPARASI KARBON AKTIF TEMPURUNG KELAPA MENGGUNAKAN GABUNGAN AKTIVASI KIMIA DAN FISIKA

Sindi Puspita Sari, Miftahul Husnah, Ratni Sirait

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh luas permukaan dan sifat fisik batok kelapa yang dibuang terhadap aktivator gelombang mikro dan NaOH. Tungku digunakan untuk mengarbonisasi bahan selama dua jam pada suhu 600 oC. Kimia fisika (D), fisika kimia (800 watt selama 20 menit), aktivasi kimia (A) menggunakan NaOH 20%, dan fisika (C) menggunakan microwave. Analisa yang dilakukan meliputi pengujian luas permukaan, kadar abu, kadar karbon, kadar air, dan kadar evaporasi dengan menggunakan metode UV-Vis. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa aktivator yang digunakan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap sifat karbon aktif berbahan tempurung kelapa. Dengan konsentrasi udara 3,19%, aktivasi A menghasilkan karbon aktif dengan sifat paling besar. kadar penguapan 9,05%, kadar abu 5,64%, kadar karbon 85,31%, dan daya serap iodium 1047,16 mg/g. Analisis luas permukaan menunjukkan bahwa variasi aktivator mempengaruhi luas permukaan karbon aktif dengan nilai 14,240 m2/g, 14,233 m2/g, 14,219 m2/g dan 14,195 m2/g.


Keywords


batok kelapa; karbon aktif; tidak; gelombang mikro

Full Text:

PDF

References


Barus, R. A, 2017. Pembuatan Karbon aktif dari Tempurung Kemiri (Aleurites mollucana L) dengan Proses Pengaktifan Kimia H3PO4 Menggunakan Microwave, Skripsi; Universitas Sumatera Utara.

Idrus, Rosita, Boni Pahlanop Lapanporo, & Yoga Satria Putra, 2013. Pengaruh suhu aktivasi terhadap Kualitas Karbon aktif Berbahan dasar Tempurung Kelapa, Jurnal Prisma Fisika, Vo’. 1 No. 1.

Irnameria, D, 2020. Karakteristik Karbon Aktif dari Limbah Kuliat Durian pada Suhu Karbonisasi 300 oC Menggunakan Zat Aktivator Natrium Hidroksida dan asam sulfat, Journal of Nursing Fisika Indonesia, Jilid 8 No. 1.

Jamillatun, Siti, Siti Salamah, dan Intan Dwi Isparulita, 2015. Karakteristik arang aktif dari tempurung Kelapa dengan Pengaktivasi H2SO4 Variasi suhu dan Waktu, Jurnal Kimia Fisika, Vol. 2 No.1.

Putri, A. A., P, E. R., & R, F, 2017. Pemanfaatan Kulit Singkong sebagai Bahan Baku Arang aktif dengan Variasi Konsentrasi NaOH dan Suhu, Jurnal Konversi, Jilid 6 No. 1.

Ridhuan, K., & Suranto, J, 2016. Perbandingan Pembakaran Pirolisis dan Karbonisasi pada Biomassa Kulit Durian Terhadap Nilai Kalori, Jurnal Teknik Mesin Univ Muhammaddiyah Metro, Vol. 5 No. 1.

Suprabawati, A., H. N., & Jasmansyah, 2018. Kulit singkong (Manihot esculenta Crantz) sebagai Karbon Aktif dengan Berbagai Langkah Pembuatan untuk Adsorpsi Ion Logam Timbal (Pb2+) dalam Air, Jurnal Kartika Kimia, Jilid 1 No. 1.

Winata, Bellani Yunfa, Nove Kartika Erliyani, Rachmad Ramadhan Yogaswara, & Erwan Adi Putra, 2018. Pra Prancangan Pabrik Karbonaktif dari tempurung Kelapa dengan Proses Aktivasi Kimia pada kapasitas 20.000 Ton/Tahun, Jurnal teknik ITS, Vol. 9 No. 2.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v7i2.8046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sindi Puspita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License