PENURUNAN ALB, BILANGAN PEROKSIDA DAN Β-KAROTEN MENGGUNAKAN KARBON AKTIF TEMPURUNG KELAPA

Elsa Fadhilah, Abdul Halim Daulay, Miftahul Husnah

Abstract


CPO (Crude Palm Oil) adalah sejenis minyak yang diekstraksi dari buah kelapa sawit, yang digunakan dalam produksi minyak, margarin, dan produk lainnya sebagai sumber bahan bakar alternatif. Prosesnya melibatkan beberapa permasalahan, antara lain kualitas minyak, keberadaan asam lemak bebas (FFA), bilangan peroksida, dan keberadaan β-karoten. Penelitian ini bertujuan (i) untuk mengetahui kualitas CPO sebelum proses pemurnian menggunakan karbon aktif tempurung kelapa. (ii) Untuk mengetahui kualitas CPO setelah proses pemurnian menggunakan karbon aktif tempurung kelapa. (iii) Menentukan waktu adsorpsi optimum yang menurunkan kadar Asam Lemak Bebas (FFA), Bilangan Peroksida, dan β-Karoten CPO. Pada penelitian ini dilakukan proses pemurnian pada CPO menggunakan karbon aktif tempurung kelapa dengan variasi waktu adsorpsi 150, 180, dan 210 menit. Kemudian dilanjutkan pengujian FFA, bilangan peroksida dan β-Karoten CPO sebelum dan sesudah pemurnian. Berdasarkan hasil penelitian, waktu adsorpsi optimum untuk menurunkan kadar Asam Lemak Bebas (FFA), Bilangan Peroksida, dan β-Karoten pada CPO adalah pada waktu 180 menit (sampel B). Yang menghasilkan nilai masing-masing sebesar 0,3558%, 5,9875 mek O2/kg, dan 7,9096 ppm.

Keywords


minyak sawit mentah; FFA; nomor peroksida; β-karoten

Full Text:

PDF

References


Azis, T., dkk. (2008). Optimasi Pemucatan Minyak Menta Dedak Padi Dengan Menggunakan Karbon Aktif. Jurnal Teknik Kimia, 1(15), 25-30.

Harahap, I. S., dkk. (2020). Analisa Kandungan Beta Karoten Pada CPO (Crude Palm Oil) Dipusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan Menggunakan Spektrofotometri UV-Vis. Jurnal Kimia Sains Dan Terapan, 2(1), 9-13.

Husna & Nurlela. (2020). Analisa Bilangan Peroksida Terhadap Kualitas Minyak Goreng Sebelum Dan Sesudah Dipakai Berulang, 5(1).

Irvan, dkk. (2016). Adsorpsi Β-Karoten Yang Terkandung Dalam Minyak Kelapa Sawit (Crude Palm Oil) Menggunakan Karbon Aktif. Jurnal Teknik Kimia USU, 5(1), 52-57.

Jondra, A., dkk. (2022). Penurunan Kadar FFA (Free Fatty Acid) Pada CPO Dengan Menggunakan Adsorben Dari Karbon Aktif Cangkang Buah Ketapang. Chemical Engineering Journal Storage, 1(4), 99-108.

Nurhasanawati, H., dkk. (2015). Penetapan Kadar Asam Lemakbebas Dan Bilangan Peroksida Pada Minyak Goreng Yang Digunakan Pedagang Gorengan Di Jl. A. W Sjahranie Samarinda. Jurnal Ilmiah Manuntung, 1(1), 25-30.

Prianni, A., dkk. (2017). Ekstraksi Karotenoid Dari Minyak Sawit Mentah (CPO) Dengan Pelarut Dietil Eter Dan Aceton. Jurnal Riset Teknologi Industri, 11(2), 91-99.

Rahayu, L. H., dkk. (2014). Pengaruh Suhu Dan Waktu Adsorpsi Terhadap Sifat Kimia-Fisika Minyak Goreng Bekas Hasil Pemurnian Menggunakan Adsorben Ampas Pati Aren Dan Bentonit. Jurnal Momentum, 10(2), 35-41.




DOI: https://doi.org/10.30743/cheds.v8i1.9168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elsa Fadhilah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

CHEDS: Journal of Chemistry, Education, and Science

Program Studi Pendidikan Kimia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan 
Email: pend.kimia@fkip.uisu.ac.id | cheds@fkip.uisu.ac.id

Creative Commons License