Studi Partisipasi Ibu Rumah Tangga Terhadap Peningkatan Ekonomi Keluarga Studi Kasus Di Kelurahan Labuhan Bilik Kecamatan Panai Tengah Kabupaten Labuhan Batu

Azhar Apriandi Siagian

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran ibu rumah tangga terhadap daya tahan ekonomi keluarga. Rumusan masalah pada penelitian ini bagaimana peran ibu rumah tangga dalam memenuhi dan meningkatkan daya tahan ekonomi keluarga, bagaimana dampak peran ganda ibu rumah tangga terhadap ketahanan ekonomi rumah tangga. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalaah ibu rumah tangga yang bekerja di Kecamatan Panai Tengah. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Besarnya sampel diambil dengan menggunakan Rumus Slovin sehingga diketahui hasil sampel sebanyak 33 orang. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Statistik Deskriftif. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa peran ibu rumah tangga di Labuhan Bilik dalam membantu ekonomi keluarga dalam berbagai pekerjaan yang dapat memenuhi kebutuhan keluarga. Kegiatan yang dilakukan ibu rumah tangga dalam bekerja mendapatkan penghasilan yang berbeda-beda tergantung pada jenis pekerjaan mereka masing-masing. Disisi lain ada dampak yang dirasakan oleh ibu rumah tangga yang bekerja di sektor publik yaitu beban psikologis seperti jenuh dan lelah.

Keywords


Peran, Ibu Rumah Tangga, Daya Tahan, Ekonomi Keluarga

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anisah Cahyaningtyas, Dkk, Rineka Cipta. Badan LITBANG (Badan penelitian dan pengembangan) Kemendagri Tahun 2019.

Beti Aryani. “Peran Perempuan Dalam Membantu Ekonomi Keluarga Di Desa Tanjung Setia Kecamatan Pesisir Selatan Kabupaten Pesisir Barat“ (Skripsi, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung, 2017).

Dance Amnes, 2013, “Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap penapatan perempuan pada keluarga miskin di kelurahan Kapal Kecamatan Mengwu Kabpaten Badung.

Departemen Agama RI, Alqur’an dan Terjemahnya, (Jakarta: Suara Agung, 2016).

Dewi Tri Anggriani 2018 “Peranan wanita buruh pabrik dalam menunjang pendapatan keluarga ( studi kasus industri kerupuk ikan tenggriri di Kota Pangkalan Brandan ).

Hasanatunajjah 2020 Peran ganda perempuan dalam mrningkatkan ekonomi keluarga di Desa Mekar Jaya Kecamatan Bayung Lencir.

Martia Ekadianti 2014 Analisis pendapatan istri nelayan dalam upayaa meningkatkan pendapatan keluarga di Desa Tasikagung, kecaamatan Rembang, Kabupaten Rempang.

Msar, Dkk, Ekonomi Mikro Islam, (Medan: Febi press, 2019).

Nurani Siti Anshori. “Makna Kerja (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta” Dalam Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, Volume 2 No. 3 Tahun 2013.Nurani Siti

Anshori. “Makna Kerja (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta” Dalam Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, Volume 2 No. 3

Tahun 2013, h. 159.

Nur Maratun Sholeha 2018 Peran wanita dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba.

Nurani Siti Anshori. “Makna Kerja (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat Daerah Istimewa Yogyakarta” Dalam Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, Volume 2 No. 3 Tahun 2013.

Nurani Siti Anshori. “Makna Kerja (Meaning of Work) Suatu Studi Etnografi Abdi Dalem Keraton Ngayogyakarta HadiningratDaerah Istimewa Yogyakarta” Dalam Jurnal Psikologi Industri dan Organisasi, Volume 2 No. 3 Tahun 2013, h. 159.

Nur Maratun Sholeha 2018 Peran wanita dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kecamatan Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba.




DOI: https://doi.org/10.30743/jekkp.v4i2.6534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JEKKP (Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Kebijakan Publik)



JEKKP (Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Publik (jekkp)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jekkp@fe.uisu.ac.id