Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Apotik Milano Farma Di Desa Patumabak I

Aminuddin Aminuddin, Neni Sri Wahyuni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelengkapan produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada Apotek Milano Farma baik secara parsial maupun simultan. Hipotesis dalam penelitian ini adalah kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian  dan kelengkapan produk, kualitas pelayanan dan harga  berpengaruh positif  dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Populasi penelitian ini adalah 260 orang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini berjumlah 70 orang di Apotek Milano Farma dengan menggunakan rumus slovin. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer yaitu sumber yang dicatat langsung oleh peneliti melalui hasil kuisioner dan wawancara mengenai masalah- masalah menyangkut kelengkapan produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian pada Apotek Milano Farma. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas pelayanan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian dan harga berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara bersama-sama variabel kelengkapan produk, kualitas pelayanan dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Apotek Milano Farma.


Keywords


Kelengkapan Produk, Kualitas Pelayanan, Harga, Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. (2012). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Fahmi, Irham, (2014). Manajemen Keuangan Perusahaan dan Pasar Modal. Mitra Wacana Media Jakarta.

Hani, Syafrida, (2014). Teknik Analisis Laporan Keuangan. Penerbit IN Media.

Jumingan, (2006). Analisis Laporan Keuangan. PT. Bumi Aksara, Jakarta.

Kasmir, (2008). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir, (2012). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kasmir, (2013). Analisis Laporan Keuangan. Rajawali Pers, Jakarta.

Kasmir, (2016). Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Mulyawan, Setia. (2015). Manajemen Keuangan. Pustaka Setia, Bandung.

Munawir, (2004). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Keempat. Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta: Liberty.

Munawir. (2010). Analisis Laporan Keuangan. Cetakan Ketigabelas. Yogyakarta: Liberty.

Munawir, (2014). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Liberty.

Murhadi, R. Murhadi, (2015). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham, Salemba Empat Jakarta.

Sjahrial, Dermawan. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Kedua. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Srimindarti, (2006). Balanced Scorecard Sebagai Alternatif Untuk Mengukur Kinerja. Semarang: STIE Stikubank.

Sujarweni, V. Wiratna. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.




DOI: https://doi.org/10.30743/jekkp.v6i1.9520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 aminuddin aminuddin, Neni Sri Wahyuni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JEKKP (Jurnal Ekonomi Keuangan dan Kebijakan Publik (jekkp)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jekkp@fe.uisu.ac.id