PENGARUH PENYALAHGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN INTEGRITAS MAHASISWA TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA AKUNTANSI SEBAGAI CALON AKUNTAN (Studi kasus Mahasiswa akuntansi Universitas Islam Swasta Di Kota Medan)

Heny Triastuti Kurnia Ningsih, Adella Oktaviani Simbolon

Abstract


This study aims to analyze the effect Of Information Technology Misuse and Student Integrity Towards Academic Fraud Behavior Of Accounting Students As Prospective Accountant at Islamic Private Universities in Medan. The research data was obtained from questionnaires by looking for samples using Slovin Technique. Data collection techniques use Library Research and Field Research. The data analysis technique used is Descriptive Statistics Analysis, Data Trend, Validity Test, Reliability Test, Classical Assumption Test, Quantitative Analysis, T Test, F Test and Determination Test. The type of research used is Descriptive Analysis Technique using SPSS version 15. The results of the study are: 1) There is no significant effect of Information Technology Misuse towards academic fraud behavior of accounting students as prospective accountant. 2) There is a significant effect of integrity student towards academic fraud behavior of accounting students as Prospective accountant. 3) There is a  significant effect of Information Technology Misuse and Student Integrity towards academic fraud behavior of accounting students as prospective accountant

 



Keywords


Information Technology Misuse, Students Integrity, Students Academic Fraud Behavior.

Full Text:

PDF

References


Al Haryono Jusup. (2010) “Auditing” Yogyakarta: STIE YKPN.

Annisa. (2009) “Hubungan Prokatisasi Akademis Dan Kecurangan Akademkik Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi”. Skripsi S1. Universitas Sumatera Utara.

Bintoro, W., Purwanto, E., & Noviyani, D.I. (2013). “Hubungan Self Regulated Learning dengan Kecurangan Akdemik Mahasiswa,” Educational Psychology Journal, 2 (1), 65–72.

Davis, S. F. Drinan, P. F. Gallant, T. B. (2009). “Cheating in School : What We Know and What We Can Do,” Chicester: Wiley: Blackwell.

Endra Murti Sagoro. (2013). “Pensinergian Mahasiswa, Dosen, dan Lembaga dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi,” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11 (2), 54-67.

Ghozali (2011) “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS,” Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ginting, Richard Togaranta. (2010) “Kajian Budaya Informasi Dengan Pendekatan Manajemen Pengetahuan : Studi Kasus Pada PT. Kimia Farma Tbk Medan”. Skripsi S1 Universitas Sumatera Utara.

Hamzah, B Uno, dan Nina Lamatenggo. (2011). “Teori kinerja dan pengukurannya,” Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hartanto, D. (2012). “Bimbingan & Konseling Menyontek: Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya,”. Jakarta: Penerbit Indeks.

Jamal M.A (2011) “Tips Efektif Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Dunia Pendidikan,” Yogyakarta: DIVA Press.

Juliandi. (2014) “Metodologi Penelitian Bisnis, Konsep dan Aplikasi,” Medan: Umsu Press.

Latip Diat dan Riyanto. (2010). “Teknologi Informasi Pendidikan,” Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Nursalam, Bani, S., & Munirah. (2013). “Bentuk Kecurangan Akademik (Academic Cheating) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar”. Jurnal Lentera Pendidikan.

Nursani, R. dan Irianto, G. (2012). “Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa : Dimensi Fraud Diamond,” Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3 (2), 161-331.

Probovury, R.A. (2015), “Pengaruh Penyalahgunaan Teknologi Informasi dan Integritas Mahasiswa terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi Sebagai Calon Akuntan,” Skripsi S1. Universitas Negeri Yogyakarta.

Prosojo dan Riyanto (2010). “Teknologi Informasi Pendidikan,” Yogyakarta; Penerbit Gava Media

Purnamasari, D. (2013). “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecurangan Akdemik Pada Mahasiswa,” Educational Psychology Journal, 2 (1), 13–21.

Sugiyono. (2009) “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D,” Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono.(2010) “Statistika untuk Penelitian,” Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012) ”Statistik untuk Penelitian,” Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2013) “Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi,” Yogyakarta: CV Alfabeta.

Sutarman. (2009). “Pengantar Teknologi Informasi,” Jakarta : Bumi Aksara

Tri Maria Veronikha K, dkk. (2013). “Hubungan Moral Judgement Maturity dengan Perilaku Menyontek pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta”. Jurnal. Universitas Sebelas Maret.

Ungusari (2015) “Kejujuran dan Ketidakjujuran akademik pada siswa SMA Yang berbasis agama”. Skripsi S1. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Utami (2014) “pengaruh penggunaan teknologi Handphone terhadap moral siswa Studi kasus di MI Muhammadiyah Gondang” Skripsi S1. Sekolah TinggiAgama Islam Negeri Salatiga.

W. Steve Albrecht, et al. (2012). Fraud Examination (fourth Edition) USA: South Wester.

Yudiana, A. P., & Lastanti, S.H. (2016). “Analisis Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi,” Skripsi S1. ISBN.

Zaini, M., Carolina, A., & Setiawan, A. R. (2016). “Analisis Pengaruh Fraud Diamond dan Gone Theory terhadap Academic Fraud (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Se-Madura),” Jurnal Promiosi 4, 1–20.




DOI: https://doi.org/10.30743/akutansi.v6i2.2177

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma (JRAM)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: jram@fe.uisu.ac.id