PENGARUH SERTIFIKASI GURU, PROFESSIONAL DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU DISEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 1 PEUREULAK DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 2 PEUREULAK KABUPATEN ACEH TIMUR

M. Daud

Abstract


Meeting these demands requires a variety of learning competencies. Y = 14,689 + 0.309X1 + -0.92X2 + 0.482X3. The performance value of State Vocational High School 1 Peureulak District Teacher in East Aceh 2019 is 14,689, in which the value of the certification, professionalism and motivation variables is ignored. The equation above explains that the regression coefficient X1 (certification) has a positive value of 0.309, this shows that the certification variable has a positive influence on the performance of the State Vocational High School 1 Peureulak 1 East Aceh District Teacher 2019. If teacher certification increases 1% , then the teacher's performance will increase by 3.09. Regression coefficient X2 (professionalism) also has a positive value of 0.92, this shows that the variable has a positive influence on the performance of Teachers of Public Vocational High School (SMK) 1 Peureulak, East Aceh District. professionalism increased by 1%, the teacher's performance did not increase as seen results n-9.2 this is caused by the professionalism carried out by the teacher not related to the level of professionalism of the teacher while at school because there are still many certified teachers who have not yet run the process teaching and learning professionally this is in line with research found.

Keywords


Teacher Certification, Professional, Work Motivation

Full Text:

PDF

References


David Mc Cleland2007.MotivasiJakarta: PT BumiAksara

Darsono 2008 Profesi Kependidikan Jakarta PT. Bumi Aksara

Dharma, Surya. 2008. Penilaian KinerjaGuru. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMTK Depdiknas.

Hamalik, Oemar. 2008.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT BumiAksara. Handoko, T. Hani. 2002.Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Hasibuan.2003. Organisasi danMotivasi Dasar Peningkatan Produktivitas.Jakarta: PT BumiAksara.

Hamalik. 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara

Khotimah, Nurul. 2010.Pengaruh Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru IPS SMPNegeriseKecamatanPati.Skripsi.Semarang:FakultasEkonomi UNNES.

Munib, Ahmad. 2004. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang : UPT MKK UNNES.

Muslich, Masnur. 2007. Sertifikasi GuruMenuju Profesionalisme Pendidik.Jakarata: PT BumiAksara.

Muslikah, Septi.2007. PengaruhSertifikasi TerhadapKinerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Dalam Jurnal Dinamika Pendidikan Volume 2 No.2.Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2007 tentang Standar Nasional Pendidikan. 2008. Bandung: Diperbanyak oleh Fokus media.

Sugiyono.2010.Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Aksara

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.2008. Bandung:Diperbanyakoleh Fokusmedia.

Portofolio sertifikasi guru dalam jabatan tahun 2007 disusun oleh tim sertifikasi

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rinneka

Soewarso. 2004. Profesionalisme Guru dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan di Sekolah. Semarang: UPT MKK UNNES.

Sardiman,dkk.2007. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sarimaya, Farida. 2017. Sertifikasi GuruApa, Mengapa dan Bagaimana ?. Bandung:Yrama Widya.

Sudiyanto, Toto. 2010. Peranan Sertifikasi Guru dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Guru.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Bandung diperbanyak oleh Fokus Media

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Surabaya : Kesindo Utama.

Triton2002Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik.Jakarta:RinekaCipta.

Widodo,Joko. 2007. Pengaruh Kemampuan Intelektualdan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Mata Diklat Produktif Penjualan di SMK Bisnis dan Manajemen. Dalam Jurnal Dinamika Pendidikan Volume 2 No.2 Hal337-361 Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Winardi, 2002. Interaksi dan Permotivasian dalam Manajemen.J akarta: PT Raja Grafindo Persada

Veithzal, 2012 Manajemen Sumber Daya Manusia Jakarta Salemba.




DOI: https://doi.org/10.30743/akutansi.v7i1.2723

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jram@fe.uisu.ac.id