PENGARUH MARKET VALUE ADDED (MVA) DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Desi Permata Sari, Zufrizal Harahap, Farida Khairani Lubis, Shofwan Andri

Abstract


This study aims to determine the effect of market value added,and profitability ratios, on firm value partially and simultaneously in building construction sub-sector manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The population in this study were 56 companies and the samples in this study were 19 manufacturing companies listed on the Indonesia Stock Exchange with an observation period of 3 years to 57. This study uses secondary data. The data collected is data from manufacturing sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange.Data analysis using multiple linear regression. The results showed that market value added had a positive dan significant effect on price to book value, return on equity had a positive and significant effect on price to book value and jointly the market value added and return on equity variables had a positive and significant effect on price to book value.”


Keywords


Market Value Added, Return On Equity, Price To Book Value”

Full Text:

PDF

References


Abdul Syukur. (2018).”Pengaruh Economic Value Added Dan Market value added Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman Yang Terdaftar Di BEI” . Dinamic Management Journal Vol.3 No. 02.

Abdul Kohar. (2019).”Pengaruh Struktur Modal, Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Subsektor Kontruksi Bangunan di Bursa Efek Indonesia”. Jurnal Ekonomi dan Akuntansi Volume 3 No 2 .

“Azid,T.,Austay,M., & Burki,U. (2007). Theory Of The Firm,Management and Stakeholders:An Islamic Prespective. Islamic Economic.”

“Brigham, Eugene F, dan Joel. Huston. (2001). Manajemen Keuangan(Edisi VIII .). Jakarta: Erlangga.”

“Bayu Irfandi Wijaya, I. B. Panji Sedana. (2015). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Kebijakan Dividen dan Kesempatan Investasi Sebagai Variabel Mediasi). E-Jurnal Manajemen Unud Volume” 4 No 2, 4477-4500.

Beny Mulyadi Sukandar, Noer Azam Achsani, Roy Sembel, Bagus Sartono. (2018). Efisiensi Perusahaan Kontruksi Bangunan. Jurnal Ilmiah Manajemen Volume 8, No 3, 628-639.

Cut Sarah Syahirah,Maya Febriyanti Lantania. (2016). Pengaruh Market value added,Economic Value Added,Kebijakan Dividen dan Kepemilikan Manajerial Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi Vol.1 No.1, Halaman 1-12.

Ghozali,Imam. (2013). “Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.”

“Hermuningsih, Sri dan D. K Wardani. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Yang terdaftar di Bursa Efek Malaysia dan Bursa Efek Indonesia . Jurnal Siasat Bisnis13(2), 173-183.”

“I Gusti Ngurah Agung Dwi Pramana, I Ketut Mustanda. (2016). Pengaruh Profitabilitas dan Size Terhadap Nilai Perusahaan Dengan CSR Sebagai Variabel Pemoderasi. E- Jurnal Manajemen Unud Vol 5 No 1,” Halaman 561-594.

“I Putu Hendra Sintyana, Luh Gede Sri Artini. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Struktur Modal, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Manajemen Volume 8 No 2.”

“Keown,Arthur J dkk. (2010). Financial Manajemen: Principal and Application. Terjemahan oleh Marcus Prihminto Widodo. Jakarta: INDEKS.”

Laili Monita Wulandari. (2020). “Pengaruh Profitabilitas,Investment Opportunity Set,Market value added Terhadap Return Saham Syariah Dengan Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Intervening .”

“Mardiyati,Umi. (2015). “Pengaruh Keputusan Investasi,Keputusan Pendanaan, Ukuran” Perusahaan dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Pada Sektor Manufaktur Barang Konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.” Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia, Vol. 6 No.1, 420.

Ninin Non Ayu Salmah, Sri Ermelia. (2019). “Determinan Struktur Modal Perusahaan Subsektor Kontruksi Bangunan di Bursa Efek Indonesia . Jurnal Ekonomi dan Bisnis Volume 3 No 2.”

“Octavia Languju,Maryam Mangantar,Hizkia H. D.Tasik. (2016). Pengaruh Return on Equity,Ukuran Perusahaan,Price earning ratio Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Property And Real Eastate Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Berkala Ilmiah Efisien Vol.16 No 02.”

“Rahayu, S. (2010). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan dengan Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Good Corporate Governance sebagai variabel moderasi. Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.”

“Sujarweni. (2015). Metode Penelitian:Bisnis& Ekonomi.Yogyakarta: Pustaka Baru Press.”

“Suroto. (2018). Analisis Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan Studi empiris pada Perusahaan LQ-45. Jurnal Ilmiah UNTAG,Vol.7 No.2, 99.”

“Wardani, S. H.& Kusuma, D. (2007). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Nilai Perushaan pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Malaysia dan Bursa Efek Indonesia. Siasat Bisnis,” 173-183.

“Yessica Tria Christia,Erni Ekawati. (2014). Excess Cash Holdings dan Kepemilikan Institusional Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI. Jurnal Manajemen Strategi Bisnis dan Kewirausahaan “Volume 8 No 1.

Yoga Pradipta Wibawa. (2018). “Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.”




DOI: https://doi.org/10.30743/akutansi.v8i1.4065

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jram@fe.uisu.ac.id