Pengaruh Financial Distress terhadap Tax Avoidance (Studi Kasus Perusahaan Mining yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Ferawati Ferawati, M. Rizqi Khairi Bimantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel financial distress terhadap tax avoidance pada perusahaan mining yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 11 perusahaan dengan lima tahun periode 2016-2020. Data yang digunakan diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Hipotesis dalam penelitian ini diuji menggunakan aplikasi Statistical Package for The Social Sciences (SPSS). Dalam penelitian ini, variabel financial distress diukur dengan Interest Coverage Ratio (ICR) dan variabel tax avoidance diukur menggunakan model Effective Tax Rate (ETR). Hasil penelitian menunjukan bahwa financial distress tidak berpengaruh atau berpengaruh negatif terhadap tax avoidance.

Keywords


Financial Distress; Tax Avoidance; Interest Coverage Ratio; Effective Tax Rate; Mining Companies

Full Text:

PDF

References


DDTCNews. Optimalisasi ICT Dalam Mendongkrak Penerimaan pajak. Diambil Januari 3, 2023, dari https://news.ddtc.co.id/optimalisasi-ict-dalam-mendongkrak-penerimaan-pajak-26904

Febbyana, Tya Tira., dan Eko Sudjawoto. 2021. Pengaruh Financial Distress dan Sales Growth terhadap Tax Avoidance. Adbis: Jurnal Administrasi dan Bisnis, Vol. 15 No. 2.

Fhauziah, Nurul Yussi. 2020. Pengaruh Financial Distress terhadap Tax Avoidance (Studi pada Perusahaan Property dan Real Estate yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2019). Skripsi. Program Studi Akuntansi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi STAN-Indonesia Mandiri: Bandung.

Gamayuni, R. R. (2011). Analisis Ketepatan Model Altman Sebagai Alat Untuk Memprediksi Kebangkrutan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 16 No.2, 176-190.

Hartoto, R. I. 2018. Pengaruh Financial Distress, Corporate Governance Dan Konservatisme Akuntansi Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Akuntansi dan Auditing Indonesia, 3, 1-17.

Kementerian Keuangan. Diambil Januari 4. 2023, dari https://klc2.kemenkeu.go.id/kms/knowledge/klc1-keuangan-publik-pajak/detail/

Kurniasih, T. dan M.M.R. Sari. 2013. Pengaruh Return on Assets, Leverage, Corporate Governance, Ukuran Perusahaan dan Kompensasi Rugi Fiskal pada Tax Avoidance. Buletin Studi Ekonomi, 1 (18), 58-66.

Meilia, Putri., dan Adnan. 2017. Pengaruh Financial Distress, Karakteristik

Eksekutif, dan Kompensasi Eksekutif Terhadap Tax Avoidance Pada

Perusahaan Jakarta Islamic Index. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi

Akuntansi. Vol. 2, No. 4

Putri, Rani Alifianti Herdian., dan Anis Chariri. 2017. Pengaruh Financial Distress

dan Good Corporate Governance Terhadap Praktik Tax Avoidance pada

Perusahaan Manufaktur. Diponegoro Journal of Accounting. Vol. 6, No. 2.

Rahmana, Dian Ary. 2022. Apakah Financial Distress Memengaruhi Penghindaran Pajak? Studi Kasus pada Perusahaan Publik di Indonesia. Scientax: Jurnal Kajian Ilmiah Perpajakan Indonesia, Vol. 4 No. 1.

Saputro, Dimas Aji. 2017. Pengaruh Kompensasi Eksekutif dan Karakteristik Eksekutif Terhadap Penghindaran Pajak. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Taufik, Maulana., dan Muliana. 2021. Pengaruh Financial Distress terhadap Tax Avoidance pada Perusahaan yang Terdaftar di Indeks LQ45. Conference on Management, Business, Innovation, Education, and Social Science, Vol. 1 No. 1.

Tilehnouei, Mostafa Hashemi., Sedigheh Tootian Esfahani., dan Somayeh

Soltanipanah. 2018. Investigating the Effect of Financial Distress on Tax

Avoidance during the Global Financial Crisis in Companies Listed on Tehran

Stock Exchange. International Journal of Finance and Managerial

Accounting, Vol. 3, No.9

Yuliana, D. (2018). Prediksi Kebangkrutan Perusahaan Dari Aspek Keuangan Dengan Berbagai Metode.Malang: UIN- Maliki Press.




DOI: https://doi.org/10.30743/akutansi.v9i2.6488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jram@fe.uisu.ac.id