Analisis Anggaran dan Profitabilitas Sebagai Alat Bantu Manajemen Guna Mengoptimalkan Laba Pada Tasyah Mart Kerasaan Tahun 2020-2022

Daffa Khairi, Ilham Sonata, Syamsul Effendi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis anggaran dan profitabilitas sebagai alat bantu manajemen guna mengoptimalkan laba pada Tasyah Mart Kerasaan.

Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif kuantitatif adalah suatu metode yang bertujuan untuk membuat atau mendeskripsikan tentang suatu keadaan secara objektif yang menggunakan angka, mulai dari pengumpulan data, pengumpulan data terhadap data tersebut serta penampilan dan hasilnya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data sekunder merupakan data yang diperoleh peneliti secara tidak langsung melalui perantara (diperoleh dan dicatat oleh pihak lain). Metode pengumpulan data menggunakan studi pustaka dan dokumentasi karena data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan pada perusahaan Tasyah Mart Kerasaan selama tiga tahun periode yaitu 2020-2022, selanjutnya data tersebut diukur dengan menggunakan analisis anggaran dan profitabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas mengalami fluktuasi dengan nilai tertinggi di tahun 2021 dan terendah di tahun 2020. Hal tersebut dapat terjadi karena total aset dan laba bersih di perusahaan mengalami kenaikan dan penurunan dari tahun ke tahun. Anggaran operasional yang disusun selama tiga tahun, sesuai dengan budgeting theory menurut Suharsimi (2015:1) dikarenakan perusahaan menggunakan sistem anggaran dengan baik. Hal tersebut menyebabkan perusahaan dapat mengkontrol biaya yang seharusnya dikeluarkan dalam setiap periode permintaan dana. Sistem anggaran yang disusun setiap periode singkat dinilai cukup optimal untuk membantu keuangan perusahaan.


Keywords


Profitabilitas, Anggaran, Laba dan Optimal

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2015. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi VII. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Brigham dan Houston. 2011. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan (II). Edisi ke 11. Jakarta. Salemba Empat.

Dian Amelia, Citra. Analisis Anggaran Dan Profitabilitas Sebagai Alat Bantu Manajemen Guna Mengoptimalkan Laba Pada PT. Semen Bosowa Maros. 2011. Phd Thesis. Universitas Hasanuddin.

Harimurti, F. 2008. “Penyusunan Anggaran Perusahaan Sebagai Alat Manajemen Dalam Pencapaian"

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Yogyakarta: CAPS.

Herry. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Gramedia. Harahap, S. S. (2013). Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Munawir. 2008. Analisis Laporan Keuangan Edisi Ke-Empat. Yogyakarta: Liberty.

Mokodompit, M. P., Matatula, I. F. M., & Sudarwadi, H. (2020). Analisis Anggaran dan Profitabilitas Sebagai Alat Bnatu Manajemen Guna Mengoptimalkan Laba. Cakrawala Management Business Journal, 3(1), 489-496.

Nafarin, 2014. Gambaran Umum Penganggaran Perusahaan. Website: http://repository.ut.ac.id/4852/1/EKMA4570-M1.pdf. Diakses pada tanggal: 26 Maret 2020.

Nafarin,M. 2007. Penganggaran Perusahaan.Jakarta:Salemba Empat

Rangkuti, Freddy, 1998. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Rudianto. 2009. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta : Grasindo.

Rudianto. 2009, Penganggaran, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Santoso, Y., & Priantinah, D. (2016). Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Struktur Aktiva, Likuiditas dan Growth Opportunity terhadap Struktur Modal Perusahaan. Jurnal Profita: Kajian Ilmu Akuntansi, 4(4).

Sawir, Agnes., 2003. Analisis Kinerja Keuangan dan Perencanaan Keuangan Perusahaan. Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Scott, William R. 2012. Financial Accounting Theory.Sixth Edition. Toronto: Pearson Canada.

Sugiyono. 2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta

Suyono. 2019. The Analysis Of The Influence Of Current Ratio, Total Debt To Equity Ratio, Inventory Turnover, Total Assets Turnover, Receivable Turnover And Company Size On Profit Growth In Food And Beverage Companies Listed On Indonesia Stock Exchange.

Syahputra, Muhammad Eggy. 2022. Analisis Anggaran Operasional dan Profitabilitas Sebagai Alat Bantu Manejemen Guna Mengoptimalkan Laba Pada PT. Andalas Cemerlang. S-1 thesis, 021008 Universitas Tridinanti Palembang

Syamsuddin, L. 2009. Manajemen Keuangan Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.30743/akutansi.v10i1.7363

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JRAM (Jurnal Riset Akuntansi Multiparadigma)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jram@fe.uisu.ac.id