Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Mengunjungi Desa Wisata Penglipuran

Cindy Saresta Meliani, Andi Muhammad Sadat, Dewi Agustin Pratama Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh media sosial, e-wom, dan daya tarik wisata terhadap keputusan mengunjungi Desa Wisata Penglipuran.Penelitian ini terdiri atas empat variabel yang digunakan untuk mengukur, yaitu media sosial, e-wom, daya tarik wisata dan keputusan mengunjungi. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring melalui media sosial Instagram dan Facebook. Total responden pada penelitian ini adalah 202 orang, yang terdiri atas 61 orang laki-laki dan 141 orang perempuan yang pernah mengunjungi Desa Wisata Penglipuran minimal satu kali. Data diolah menggunakan confirmatory factor analysis dan structural equation  model. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah variabel e-wom dan daya tarik wisata tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mengunjungi Desa Wisata Penglipuran. Sedangkan variabel media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mengunjungi Desa Wisata Penglipuran.

Kata Kunci: keputusan mengunjungi, media sosial, e-wom, daya tarik wisata, desa penglipuran


Full Text:

PDF

References


Annamarie Hanlon. (2019). Digital marketing strategic planning & integration (Matthew Waters (ed.); 1st ed.). Sage Publications Sage UK: London, England.

Arif, M. E. (2019). The influence of electronic word of mouth (eWOM), brand image, and price on re-purchase intention of airline customers. Jurnal Aplikasi Manajemen, 17(2), 345–356.

Brahmanto, E., & Hamzah, F. (2017). Strategi pengembangan Kampung Batu Malakasari sebagai daya tarik wisata minat khusus. Media Wisata, 15(2).

Damarsiwi, E. P. M., & Wagini, W. (2018). Pengaruh electronic worth of mouth dan citra destinasi terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke Pulau Tikus. Seminar Nasional Royal (SENAR), 1(1), 479–484.

Dewi, M. K., Rivandi, M., & Meirina, E. (2020). Pengaruh daya tarik wisata, fasilitas dan aksesibilitas terhadap keputusan berkunjung di Objek Wisata Pantai Air Manis Kota Padang. Jurnal Manajemen Universitas Bung Hatta, 15(2), 14–22.

Goldsmith, R. E., & Horowitz, D. (2006). Measuring motivations for online opinion seeking. Journal of Interactive Advertising, 6(2), 2–14.

Hidayat, F. P., & Dewi, A. S. (2019). Pengaruh implementasi bauran pemasaran jasa terhadap keputusan wisatawan mengunjungi objek wisata Pulau Pasumpahan.

Junaida, E. (2019). Pengaruh daya tarik wisata dan word of mouth terhadap keputusan wisata berkunjung ke Taman Hutan Kota di Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomi Dan Bisnis, 10(2), 146–155.

Kemenparekraf/Baparekraf RI. (2021). Tren pariwisata Indonesia di tengah pandemi. Ragam Pariwisata. https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/Tren-Pariwisata-Indonesia-di-Tengah-Pandemi

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing management 14th edition (S. Yagan (ed.); 14th ed.). New Jersey: Pearson.

Krisnayani, N. K., Liestiandre, H. K., & Pranjaya, I. G. P. A. (2021). Pengaruh media sosial dan daya tarik wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan domestik di Pantai Melasti, Bali. Jurnal Kepariwisataan, 20(2), 134–143.

Lin, M.-L., Yu, T.-K., & Sadat, A. M. (2022). The psychological motivations to social innovation and transmitting role of social worth. Frontiers in Psychology, 13.

Luthfiyatillah, L., Millatina, A. N., Mujahidah, S. H., & Herianingrum, S. (2020). Efektifitas media instagram dan e-wom (electronic word of mouth) terhadap minat beli serta keputusan pembelian. Jurnal Penelitian IPTEKS, 5(1), 101–115.

Nurchayo, B. (2016). Memahami riset konsumen (1st ed.). Deepublish Publisher.

Prakoso, B. D., & Marlena, N. (2020). Pengaruh city branding dan media sosial Instagram terhadap keputusan berkunjung di Lumpur Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(1), 632–638.

Priatmoko, S. (2017). Pengaruh atraksi, mediasosial, dan infrastruktur terhadap keputusan berkunjung wisatawan ke desa wisata Pentingsari Yogyakarta. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 8(1), 489918.

Rakhmawati, A., Nizar, M., & Murtadlo, K. (2019). Pengaruh electronic word of mouth (e-WOM) dan viral marketing terhadap minat berkunjung dan keputusan berkunjung. Sketsa Bisnis, 6(1), 13–21.

Riantika, I. (2016). Pengaruh electronic word of mouth, daya tarik, dan lokasi terhadap keputusan berkunjung wisatawandi Curug Sidoharjo. Skripsi. Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Rosiana, E. N., Sadkar, P. H., & Hainim, B. (2018). Pengaruh faktor psikologis terhadap pengambilan keputusan wisatawan dalam mengunjungi Taman Bunga Nusantara Kabupaten Cianjur. Jurnal Kepariwisataan: Destinasi, Hospitalitas Dan Perjalanan, 2(2), 54–63.

Suwarduki, P. R., Yulianto, E., & Mawardi, M. K. (2016). Pengaruh electronic word of mouth terhadap citra destinasi serta dampaknya pada minat dan keputusan berkunjung (survei pada followers aktif akun instagram indtravel yang telah mengunjungi destinasi wisata di Indonesia). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 37(2).

Then, J., & Felisa, H. (2021). The effect of E-WOM on Instagram on visiting interest and impact on visiting decision to the culinary tourism area of Pasar Lama, Tangerang. International Journal of Social and Management Studies, 2(6), 1–7.

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran pariwisata (Aditya Ari C (ed.); 1st ed.). ANDI.

Yuliar, A. (2021). Pengaruh potensi daya tarik wisata dan fasilitas wisata terhadap keputusan berkunjung wisatawan di objek wisata Hutan Pinus Pasekan Wonogiri. JURNAL KAJIAN PARIWISATA DAN BISNIS PERHOTELAN, 2(3), 324–329.




DOI: https://doi.org/10.30743/jrmb.v7i1.5753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


  

JRMB (Jurnal Riset Manajemen & Bisnis)
Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sumatera Utara
Jl. Sisingamangaraja, Teladan-Medan Indonesia 20217 
Telp. (061) 7869880 | fax. (061) 7869880
Email: admin.jrmb@fe.uisu.ac.id