TINJAUAN DAYA DUKUNG RENCANA PONDASI TIANG PANCANG PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN GANTUNG PENGHUBUNG DESA HUTAURUK HASUNDUTAN DENGAN DESA HUTAURUK KECAMATAN SIPOHOLON

Ikhwan Sukhairi, Darlina Tanjung, Jupriah Sarifah, Anisah Lukman

Abstract


Pondasi merupakan bangunan bawah (sub structure) yang berfungsi untuk meneruskan beban maupun gaya yang disebabkan oleh bangunan atas (upper structure) ke lapisan tanah yang akan memikul beban dan gaya tersebut. Pondasi dalam biasanya digunakan untuk mendapatkan daya dukung tanah yang cukup besar dan apabila kedalaman tanah keras terletak jauh di bawah muka tanah. Skripsi ini menganalisis daya dukung ultimate pondasi tiang pancang dengan menggunakan data sondir dengan menggunakan metode Philliponant dan metode Aoki dan De Alencar. Kemudian dari hasi hitungan kedua metode tersebut akan dibandingkan dengan data lapangan, yaitu perhitungan daya dukung dengan metode Schmertmann. Adapun metode yang dilakukan pada tugas akhir ini adalah dengan cara studi literatur, lalu mengumpulkan data-data yang diperlukan, dan setelah itu dilakukan analisis perhitungan dengan metode tersebut. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, diperoleh hasil yang berbeda-beda. Dimana metode Philipponant menghasilkan hitungan daya dukung yang paling kecil, metode Aoki dan De Alencar menghasilkan hitungan daya dukung paling besar, dan metode Schmertmann menghasilkan hitungan daya dukung diantara keduanya.


Full Text:

PDF

References


. Agil Faruha, Machfud Ridwan, 2020, Analisa Perhitungan Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Dibandingkan Dengan daya Dukung Hydraulic Jacking System dan Pile Driving Analyzer (PDA) Tst Pada Proyek Pembangunan Gedung Perpustakaan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kediri, Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

. Bowels, Joseph E. 1991. Analisis Dan Desain Pondasi,Jilid 1. Jakarta. Erlangga.

. Bowels, Joseph E. 1991. Analisis Dan Desain Pondasi,Jilid 2. Jakarta. Erlangga.

. Nadya Savira, Dra. Hj. Nur Andajani, M.T. 2020. Analisa Daya Dukung tiang Pancang Data Laboratorium Dibandingkan Dengan Data Sondir Dan Data Standart Penetration Test (SPT) Pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Kriyan-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM), Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.

. Winda Widia, Hikmad Lukman, Budiono. 2017. Evaluasi Daya Dukung Pondasi Bore Pile Terhadap Uji Pembebanan Langsung Pada Proyek Pembangunan Aeon Mall Mixed Use Sentul City Bogor, Universitas Pakuan, Bogor.

. Husnah. 2020. Analisa Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Pada Proyek Pembangunan Pondasi Tissue Blok 5 & 6, Universitas Abdurrab, Riau

. Ahmad Rivaldi Novril. 2015. Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Metode Sondir, SPT, Dan Metode Elemen Hingga Pada Proyek Pembangunan Hotel Medan – Siantar, Sinaksak, Pematang Siantar, Universitas Sumatera Utara, Medan.

. Hydrowansi Siregar. 2018. Analisis Optimasi Jembatan Gantung Pejalan Kaki Dengan Judesa, Universitas Sumatera Utara, Medan.

. Hary Christady Hardiyatmo. 2006. Mekanika Taanah 1. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

. Darlina Tanjung, Ahmad Bima Nusa. 2018. Pengaruh Daya Dukung Tiang Pancang Pada Proyek Pembangunan GIS (Gas Insulated Switch Gear) Di Kecamatan Payung Sekaki Pekanbaru. Medan. Universitas Islam Sumatera Utara.

. Ahmad Fidel Rifky. 2020. Analisa Faktor Keamanan Tiang Pancang Pada Pembangunan Dermaga Simanindo Kabupaten Samosir. Medan. Universitas Islam Sumatera Utara.

. Hary Christady Hardiyatmo. 2005. Teknik Fondasi 2. Yogyakarta. Beta Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.