ANALISA DAERAH RAWAN KECELAKAAN DI JALAN TOL BELMERA

Salim Sasri Wijaya, Marwan Lubis, M. Husni Malik Hasibuan

Abstract


Berdasarkan data kecelakaan yang ada di Jasa Marga dari tahun ke tahun didapat bahwa penyebab kecelakaan yang terbesar disebabkan oleh faktor manusia (pengemudi). Dengan banyaknya lokasi kecelakaan di jalan tol Belmera akan berakibat pada menurunnya kinerja ruas jalan tersebut. Penelitian ini menggunakan 2 (dua) metode yaitu, metode frekuensi dan metode tingkat kecelakaan serta hasil dari kedua metode tersebut pun berbeda. Untuk menentukan karakteristik kecelakaan di jalan tol Belmera dilakukan dengan cara mendata langsung dan menggunakan data kecelakaan yang terjadi di jalan tol Belmera tahun 2016-2020. Hasil analisis menunjukkan terdapat lokasi rawan kecelakaan (Black Spot) di ruas tol Belmera dengan karakteristik kecelakaan sebagai berikut : jenis kecelakaan tunggal merupakan jenis kecelakaan yang paling banyak terjadi (95%), kendaraan mini bus merupakan jenis kendaraan yang paling besar frekuensi keterlibatannya (30%), waktu yang paling sering terjadi kecelakaan adalah pada pukul 00.06-12.00 (37%), cuaca cerah merupakan kondisi cuaca yang paling dominan terjadi kecelakaan (73%), lajur kiri merupakan posisi lajur yang paling sering terjadi kecelakaan (37%), dan faktor penyebab kecelakaan yang mendominasi pada jalan tol Belmera adalah faktor pengemudi (67%).


Full Text:

PDF

References


. Anonim, 2016, Laporan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol Belmera. PT. Jasa Marga. Medan.

. Anonim, 2017, Laporan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol Belmera. PT. Jasa Marga. Medan

. Anonim, 2018, Laporan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol Belmera. PT. Jasa Marga. Medan

. Anonim, 2019, Laporan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol Belmera. PT. Jasa Marga. Medan

. Anonim, 2020, Laporan Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol Belmera. PT. Jasa Marga. Medan

. Anonim, 1985, Jalan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 3. Jakarta

. Anonim 2005, Jalan Tol. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 15. Jakarta

. Anonim, 2009, Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 22. Jakarta.

. Fadly, Khairul, 2017, Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas di Jalan Tol Belmera. Skripsi Sarjana. Jurusan Teknik Sipil. Universitas Medan Area. Medan

. Fahza, Asep dan Hera Widyastuti, 2019, Analisis Daerah Rawan Kecelakaan Lalu Lintas pada Ruas Jalan Tol Surabaya-Gempol. Jurnal Teknik ITS.

. Oktopianto, Yogi, dkk., 2021, Analisis Daerah Rawan Kecelakaan (Black Site) dan Titik Rawan Kecelakaan (Black Spot) Provinsi Lampung. Jurnal Teknik Sipil.

. Putri, Cahaya Eka, 2014, Analisis Karakteristik Kecelakaan dan Faktor Penyebab Kecelakaan Pada Lokasi Black Spot di Kota Kayu Agung. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan Universitas Brawijaya.

. Sihombing, Andre Jonathan dan Hera Widyastuti, 2020, Analisa Kecelakaan Lalu Lintas di Ruas Jalan Tol Cipularang, Purwakarta. Jurnal Teknik ITS.

. Sugiyanto, G., 2014, Karakteristik Kecelakaan Lalu Lintas dan Lokasi Black Spot di Kabupaten Cilacap. Jurnal Teknik Sipil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.