ANALISA DISTRIBUSI DAN KINERJA RUAS JALAN TOL KUALANAMU-TEBING TINGGI

Marwan Lubis, M. Husni Hasibuan, Benny Hendrawan Sembiring

Abstract


Abstrak

Penelitian ini membahas tentang bagaimana perkembangan pembangunan Jalan Tol Kualanamu–Tebing Tinggi yang dimana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi lalu lintas yang masuk dan keluar melalui Jalan Tol Kualanmu-Tebing Tinggi, untuk mengetahui zona asal dan tujuan kendaraan mulai dari golongan II s/d golongan V, serta untuk mengetahui kinerja ruas jalan Tol melalui penilaian Kapasitas (V/C) Ratio yang mengacu pada standar Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Metode yang  digunakan dalam  penelitian ini adalah melakukan suatu pengamatan dan pengumpulan data dengan cara mensurvei langsung ke lapangan, dan pada saat pengumpulan data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa volume Arus lalu lintas tertinggi dijalan tol kualanamu-tebing tinggi terjadi pada hari minggu yang  didominasi kendaraan golongan I,  sedangkan hasil perbandingan Kapasitas (V/C) dari ruas jalan JMKT menuju Tol Balmera berada pada 0,32 smp/jam dengan indicator B, begitu juga sebaliknya dari Tol Belmera menuju Tol JMKT hasil perbandingan Kapasitas (V/C) berada pada 0,32 smp/jam dengan indicator B di manaArus stabil tetapi kecepatan operasi mulai dibatasi oleh kondisi lalu lintas, pengemudi memiliki kebebasan yang cukup untuk memilih  kecepatan.


Full Text:

PDF

References


. Anonimus,1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

. Fidel Miro. 2012. Pengantar Sistem Transportasi, Penerbit Erlanngga, Jakarta.

. Abdul Guas, Raudha Hakim, Nurda Umamir, Estimasi Distribusi Pergerakan Arus Lalu Lintas Di kota Ternate, (Jurnal) Jurusan Teknik Sipil, Universitas Khairun.

. Novianna Dwi Pramesti, Wahyu Laras Wulandari, Bambang Riyanto, Kami Hari Basuki, Analisa Distribusi Perjalanan Menggunakan Model Gravitasi Dua Batas Dengan Optimasi Fungsi Hambatan, (Jurnal) Jurusan Teknik Sipil, Universitas Diponegoro.

. Khisty, C. Jotin and Lall, B. Kent. 2003. Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Jilid 3, Penerbit Erlangga, Jakarta.

. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 16, 2014, Standar Pelayanan Minimal Jalan Tol, Menteri Pekerjaan Umum.

. R.Warpani,Suwardjoko. 2012. Pengelolaan Lalu-Lintas dan Angkutan Jalan, penerbit ITB,Bandung.

. Tamin Z. Ofyar, 2008. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Penerbit ITB, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.