PERENCANAAN PERBAIKAN TANAH LUNAK MENGGUNAKAN METODE PRELOADING DAN PREFABRICATED VERTICAL DRAIN (PVD) PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL TRANS SUMATERA SEKSI TEBING TINGGI - INDERAPURA

M. Husni Malik Hasibuan, Bangun Pasaribu, Feby Ingriyana Utami

Abstract


Jalan tol merupakan infrastrukur yang menghubungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi utama guna memaksimalkan supplay chain system. Salah satu jalan tol yang digunakan pada penelitian ini yaitu Jalan Tol Trans Sumatera. Hasil yang didapat dari penyelidikan tanah terdapat  beberapa tempat yang kondisi tanahnya adalah tanah lunak. Pada STA tersebut nilai N-SPT yang didapat dari hasil pengujian lapangan yaitu sekitar 1 sampai <9  yang letaknya kurang lebih pada kedalaman 3 m -10 m dengan kedalaman muka air tanahnya 3,5 m di bawah permukaan tanah. Tanah lunak memiliki sifat kuat geser yang rendah dan komprebilitas tinggi dan dapat menyebabkan tidak stabil serta terjadinya penurunan penurunan berlebih, kemudian akan merusak konstruksi atau bangunan di atasnya. Dari masalah tersebut harus dilakukan tindakan agar tanah tidak lunak dan dapat didirikan bangunan diatasnya. Dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode preloading dan dikombinasikan dengan metode vertical drain tipe prefabricated vertical drain (PVD). Dalam penelitian ini menggunakan data tanah lapangan boring log dan data N-SPT, data pengujian laboratorium, spesifikasi PVD dangambar existing. Sedangkan perhitungannya menggunakan persamaan dari barbagai berbagai sumber buku dan jurnal yang pernah di teliti sebelumnya.


Full Text:

PDF

References


. Das, B.M. 1995. Mekanika Tanah (Prinsip-prinsip Rekayasa Geoteknis). Penerbit Erlangga. Jakarta.

. Departemen Pekerjaan Umum. 1987. Pedoman Perencanaan Pembebanan Jembatan dan Jalan Raya (PPPJJR). Jakarta.

. Direktorat Jendral Bina Marga. 2009. Geometri Jalan Bebas Hambatan Untuk Jalan Tol No.007/BM/2009. Penerbit Direktorat Jendral Bina Marga.

. FHWA. 1986. Prefabricated Vertical Drain, Volume – 1 : Engineering Guidelines, Federal Highway Administration, Report FHWA/RD-86/168, September 1986”.

. Hardiyatmo, H.C., 2007. Mekanika Tanah II, EdisikeEmpat”. GadjahMada University Press. Yogyakarta.

. Hardiyatmo, H.C., 2010. Mekanika Tanah I, Edisi Ke Ketujuh”. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

. Hardiyatmo, H.C., 2016. TeknikPondasi I, Edisi Ke Tiga. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

. Hardiyatmo, H.C., 2020. Perbaikan Tanah. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

. Jamiolkowski, M., Lancellota, R. and Wolski, W. 1983. Precompression and speeding up consolidation. Proceedings, Eighth European Conference on Soil Mechanics and Foundation Engineering, Vol. 3. Helsinki.

. Kementerian P ekerjaan Umum. 2017. Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor02/ M/BM/2017. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.

. Terzaghi, K dan R.B. Peck. 1996. Mekanika Tanah dalam Praktek Rekayasa I. Alih bahasa Bagus, W., dan K. Benny. Penerbit Erlangga. Jakarta

. Wesley, L.D., 2010. Mekanika Tanah untuk Tanah Endapan dan Residu. Penerbit Andi, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.