ANALISA KONFIGURASI KELOMPOK TIANG PANCANG TERHADAP DAYA DUKUNG DAN EFISIENSI TIANG PADA PEMBANGUNAN RUMAH SUSUN TANJUNG BALAI

M. Husni Malik Hasibuan, Jupriah Sarifah, Ferdi Irawan

Abstract


Pada proyek pembangunan Rumah Susun Tanjung Balai pondasi yang digunakan adalah pondasi tiang pancang mini pile dengan sistem group pile. Sistem group pile pada pondasi di pembangunan rumah susun ini direncanakan memiliki jumlah tiang pancang yang berbeda yaitu dua tiang, tiga tiang, empat tiang, Sistem group pile tidak lepas dari perencanaan konfigurasi yang paling baik untuk mendapatkan nilai daya dukung dan efisiensi tiang yang tinggi. Maka dari itu, pada penelitian ini akan dilakukan variasi konfigurasi tiang pancang dengan memodelkan konfigurasi yang berbeda dengan jumlah tiang yang sama dengan pembangunan rumah susun ini. Selanjutnya, akan dibandingkan nilai daya dukung dan efisiensi mana nilai yang terbaik. Perhitungan dalam penelitian ini menggunakan metode langsung (Direct One) dan faktor effisiensi tiang untuk analisis daya dukung tiang. Perhitungan dilakukan berdasarkan data tanah yang didapat berupa data sondir. Besarnya nilai effisiensi tiang (Eg) dalam suatu kelompok tiang tersebut dipengaruhi oleh susunan tiang, jumlah baris, jumlah tiang dalam satu baris, dan jarak tiang seperti konfigurasi 3 tiang dari proyek (V3) memiliki nilai efisiensi (Eg) = 0,817 dan (Qg)= 205,27 sedangkan dari Analisa tiang rencana (V3-1) memiliki nilai efisiensi (Eg) = 0,861 dan (Qg) = 216,32. Dari hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa pengaruh konfigurasi tiang pancang kelompok terhadap daya dukung tiang dipengaruhi oleh besarnya effisiensi tiang (Eg) semakin besar effisiensi tiang semakin besar pula daya dukungnya.


Keywords


Pondasi; Konfigurasi; Daya dukung pondasi; Efisiensi; Sondir

Full Text:

PDF

References


. Ahmed, Moinuddin. 2009, Analisis Pengaruh Konfigurasi Tumpukan terhadap Beban Lateral Kelompok Tiang di Pasir. Osmania University.

. Bowles, J. E. 1977, Analisis dan Desain Pondasi Jilid I. Erlangga: Jakarta.

. Bowles, J. E. 1991, Sifat-sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Erlangga: Jakarta.

. Fellenius, H.B. 2006, Basic of Foundation Design. Electronic Edition. www.Fellenius.net.

. Terzaghi, K 1943, Theorotocal Soil Mechanics. Jhon Wiley dan Sons, New York.

. Terzaghi , K. dan Peck, R.B. 1948, Soil Mechanics in Engineering Practice. John Wiley.

. Vesic, A. S. 1958, Analysis of Ultimate Loads of Shallow Foundations. Jurnal of Soil Mechanics and Foundations Division, ASCE, vol 99 SMI.

. Yusuf, M dan Aryanto. 2011. Kajian Pengaruh Konfigurasi Kelompok Tiang terhadap Daya Dukung Tanah untuk Perkuatan Fondasi Jalan Tanah Gambut. Jurnal Teknik Sipil UNTAN Vol. 11 No. 1, Juni 2011. Universitas Tanjungpura.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.