ANALISA FAKTOR KEAMANAN PADA PEMBANGUNAN RETAINING WALL JEMBATAN KA-BH 39 LINTAS TEBING TINGGI – PEMANTANG SIANTAR

Arifin Muchtar, Darlina Tanjung, Bangun Pasaribu

Abstract


Dinding penahan tanah merupakan struktur buatan manusia untuk menahan gaya dorong tanah lateral yang terjadi akibat perbedaan elevasi permukaan tanah dan juga beban luar. Pembangunan dinding penahan tanah yang tergolong sederhana perlu mempertimbangkan    model, analisis material dan perhitungan longsoran yang akan jatuh pada dinding penahan  tanah. Penelitian ini menggunakan metode pemodelan dinding penahan tanah dengan tipe Kantilever dengan ketinggian tinggi 7 dan 5 meter, lebar atas 0,4 meter, dengan lebar bawah 5,4 dan 3,6 meter. Penelitian dinding penahan tanah ini dilaksanakan pada pembangunan  Jembatan KA-BH 39 lintas Tebing – Siantar. Analisis yang dilaksanakan pada penelitian ini menggunakan metode Terzaghi yang memperhitungkan stabilitas dinding penahan tanah terhadap faktor keamanan guling, geser dan daya dukung tanah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dinding penahan tanah tipe Kantilever tinggi 5 meter aman terhadap bahaya guling, geser, dan daya dukung tanah. Masing – masing angka keamannya yaitu : SFgl = 9,25 > 1,5 , SFgs = 5,62 > 1,5 , dan SFijin = 4,59 >3. Untuk dinding dengan ketinggian 7 meter sama halnya dengan dinding dengan ketinggian 5 meter, aman terhadap bahaya guling, geser, dan daya dukung tanah. Masing– masing angka keamannya  yaitu : SFgl = 2,93 > 1,5 , SFgs = 5,47 > 1,5 , dan SFijin=3,12>3.


Keywords


Dinding; Penahan Tanah; Metode Terzaghi; Stabilitas; Faktor Keamanan

Full Text:

PDF

References


. Bowles, Joseph E., 1992, Analisis dan Desain Pondasi, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

. Bowles, Joseph E., 1999, Sifat-Sifat Fisis dan Geoteknis Tanah (Mekanika Tanah). Jakarta: Erlangga.

. Craig, R. F., 1994, Mekanika Tanah, Erlangga. Jakarta.

. Das, Braja M. 1998. Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis), Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

. Das, Braja M. 1998, Mekanika Tanah (Prinsip-Prinsip Rekayasa Geoteknis), Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

. Hardiyatmo, Hary Christady, 2010, Analisis dan Perancangan Fondasi, Bagian I. Yogyakarta: Gadja Madha University Press.

. Hardiyatmo, Hary Christady. 2010, Analisis dan Perancangan Fondasi, Bagian II. Yogyakarta: Gadja Madha University Press.

. L.D. Wesley. 1973, Mekanika Tanah, terjemahan : Ir. A. M. Luthfi, Pekerjaan Umum, Jakarta.

. Mario Paz., Dinamika Struktur, Teori dan Perhitungan, Penerbit Erlangga Jakarta, Edisi Kedua.

. Oscar, F. N., & Abdul, H., 2010, Analisa Stabilitas Dinding Penahan Tanah (Retaining Wall) Akibat Beban Dinamis Dengan Simulasi Numerik. Jurnal Rekayasa Sipil, 6(2), 41-53.

. Pedoman Penyusunan Dan Penulisan Skripsi Program Studi (S1) Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Islam Sumatera Utara 2021

. Wesley, Laurence D., 2012, Mekanika Tanah Untuk Tanah Endapan dan Residu, Penerbit Andi, Yogyakarta.

. Zhohirin. Suhudi., & Kiki Frida Sulistyani. 2018, Perencanaan Dinding Penahan Tanah Type Gravitasi di Perumahan


Refbacks

  • There are currently no refbacks.