EVALUASI KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI BORED PILE TIANG TUNGGAL DAN KELOMPOK PADA PROYEK PEMBANGUNANBOX CULVERT BH 14 A, 14 B LINTAS KERETA API MEDAN - BINJAI

Lamroy David M. Manurung, Jupriah Sarifah, Ronal H. T. Simbolon

Abstract


Pondasi sebagai dasar konstruksi harus mampu memikul seluruh beban konstruksi dan beban lain yang ada diatasnya, untuk diteruskan sampai kelapisan tanah atau batuan dibawahnya. Pembangunan Box Culvert BH 14A, 14B di lintas kereta api Medan - Binjai menggunakan pondasi utama yaitu pondasi bored pile. Jenis pondasi yang digunakan ini dipilih berdasarkan kondisi lapisan tanah yang ada di daerah tersebut. Pondasi bored pile  yang digunakan untuk memikul bangunan Box Culvert perlu dilakukan Analisa kapasitasnya supaya dapat diketahui apakah pondasi tersebut aman untuk dilaksanakan. Data penyelidikan tanah yaitu sondir yang diperoleh dari lapangan dan data DED (Detail Engineering Design) / data perencanaan dipakai sebagai acuan untuk menghitung beban yang ada di atas pondasi bored pile yaitu Analisa beban Box Culvert, analisa kapasitas tiang tunggal, analisa kelompok tiang. Tujuan dari perhitungan analisa tersebut untuk mendapatkan hasil kapasitas bored pile. Analisa kapasitas bored pile yang diperoleh adalah beban maksimum Box Culvert sebesar 32.700 kg dan diketahui bahwa kapasitas tiang tunggal yang diijinkan pada pondasi bored pile sebesar 62.969 kg dinyatakan mampu menahan beban maksimum dari tembok penahan tanah dan analisa kapasitas tiang kelompok didapatkan sebesar 143.289 kg dan lebih tinggi dari pada beban total memakai kombinasi pembebanan sebesar 15.806 kg yang bekerja pada Box Culvert. Dengan demikian pondasi bored pile yang dilaksanakan dinyatakan aman.


Keywords


Sondir; Bored Pile; Kapasitas; Box Culvert

Full Text:

PDF

References


. Bowles, J. E., 1997. Analisis dan Desain Pondasi. Jakarta: Erlangga.

. Bowles, J. E., 1984. Analisa Dan Disain Pondasi Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

. Frick, H., 1980. Ilmu Konstruksi Bangunan 1. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).

. Gunawan, R., 1983. Pengantar Teknik Pondasi. Yogyakarta: Kanisius (Anggota IKAPI).

. Hardiyatmo, H. C., 2010. Analisa dan Perancangan Fondasi I, Edisi kedua,. Yogyakarta: Gadjah Mada University..

. Hardiyatmo, H. C., 2011. Analisis dan Perencanaan Fondasi II. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

. Hulu, H. B., 2015. Analisa Daya Dukung Pondasi Bored Pile Dengan Menggunakan Metode Analitis (Studi Kasus Proyek Manhattan Mall Dan Condominium). Jurnal Teknik Sipil Usu Vol. 4 NO. 1.

. Pamungkas, A. & Harianti, E., 2013. Desain Pondasi Tahan Gempa. Yogyakarta: s.n.

. S. 8., 2017. Persyaratan Perancangan Geoteknik. s.l.:s.n.

. Sosarodarsono, S. & Nakazawa, K., 1983. Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

. Suryolelono, K. B., 1994. Teknik Pondasi II (Pondasi Tiang, Turap, Sumuran, dan Pondasi Spesial). Yogyakarta: Nafiri.

. Terzaghi, K. & Peck, R. B., 1948. Soil Mechanics in Engineering Practice. New York: John Wiley and Son.

. Tomlinson, M. J., 1963. Pile Design and Construction Practice. New York: The Garden City Press Limited, Lechworth, Hrtfordshire SG 6 US.

. Tomlinson, M. J., 1997. Pile Design and Construction Practice. New York: The Garden City Press Limited, Lechworth, Hrtfordshire SG 6 US.

. Waruwu, A., Hardiyatmo, H. C. & Rifa’i, A., 2019. The Performance of the Nailed Slab System-Supported Embankment on Peat Soil. International Review of Civil Engineering (I.RE.C.E.), 10(5), pp. 243-248.

. Whitaker, T., 1957. Experiments With Model Piles in Groups. s.l.:J Whitaker & Sons Ltd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.