ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI ALAM PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN GANTUNG KABUPATEN TOBA SAMOSIR PROVINSI SUMATERA UTARA

Bangun Pasaribu, Darlina Tanjung, Faiqah Vebi Yuriza

Abstract


Pondasi adalah struktur bagian bawah dari konstruksi bangunan yang berhubungan langsung dengan tanah dan merupakan suatu pekerjaan yang sangat penting dalam pekerjaan teknik sipil, karena pondasi inilah yang akan memikul dan menahan suatu beban yang bekerja di atasnya. Dalam perencanaan pondasi perlu diperhitungkan besar beban yang diterima dan daya dukung tanah setempat. Setiap pondasi harus mampu mendukung beban sampai batas keamanan yang telah ditentukan, pada perencanaan pondasi ini ditujukan pada Proyek Pembangunan Jembatan Gantung Kabupaten Toba Samosir Provinsi Sumater utara, untuk mengetahui besar daya dukung tiang yang dapat menahan beban tersebut, untuk memahami tentang pondasi. Pondasi yang digunakan pada proyek pembangunan jembatan gantung ini adalah pondasi tiang bor. Nilai daya dukung pondasi tiang bore pile, untuk dimana kapasitas daya dukung pondasi tiang dihitung berdasarkan data Standart Penetration Test (SPT) dengan menggunakan Metode Reese & Wright. Dari hasil perhitungan tiang bor tunggal dengan tiang kelompok yang direncanakan masih berada pada zona aman, berdasarkan (Tomlinson, 1977). Daya dukung tiang kelompok dengan jumlah tiang 9 buah didapat sebesar 2953,1266 ton.


Keywords


Bore Pile; Kapasitas; Daya Dukung; Standart Penetration Test (SPT)

Full Text:

PDF

References


. Bowles, Joseph E. 1997. ”Analisis Dan Desain Pondasi”. Jakarta: Erlangga.

. Bowles, Joseph E . 1993. “Sifat sifat fisis dan Geoteknis Tanah”. Jakarta: Edisi ke 4 Alih bahasa Johan K. Hainim.

. Frick, Heinz. 1980. Ilmu Konstruksi Bangunan 1. Yogyakarta: Kanisius.

. Hardiyatmo, H.C. 1996. “Teknik Fondasi 1”. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Hardiyatmo, H.C. 2014. “Analisis dan Perancangan Fondasi I”. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Hardiyatmo, H.C. 2015. “Analisis dan Perancangan Fondasi II”. Yogyakarta: Gramedia Pustaka Utama.

. Hulu, Henri Beteholi. 2015. “Analisa Daya Dukung Pondasi Bored Dengan Metode Analisis Proyek Manhattan Mall dan Condominium”. Tugas Akhir Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara.

. Jusi, Ulfa. 2015. “Analisa Kuat Dukung Pondasi Bored Pile Berdasarkan Data Pengujian Lapangan (Cone Dan N-Standard Penetration Test)”. Tugas Akhir Teknik Sipil, Sekolah Tinggi Teknologi Pekanbaru.

. L.H. Shirley. Ir. 1987. “Geoteknik dan Mekanika Tanah”

. Rahardjo, Paulus P. 2000. “Manual Pondasi Tiang”. Program Pasca Sarjana Teknik Sipil, Universitas Khatolik Parahyangan.

. Sunggono, V. 1995. “Buku Teknik Sipil”.Bandung: Nova.

. Zebua, Erwin Junianto, dkk. 2016. “Analisa Kapasitas Daya Dukung Pondasi Tiang Bor (Bored Pile) Studi Kasus Pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Universitas Andalas”. Tugas Akhir Teknik Sipil.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.