ANALISIS SALURAN DRAINASE DI JALAN VIYATAYUDHA BAWAH KELURAHAN SETIA NEGARA KECAMATAN SIANTAR SITALASARI KOTA PEMATANGSIANTAR

Yoppy Tigor Mario Sinaga

Abstract


Perkembangan kota dan industry serta bertambahnya penduduk menimbulkan dampak besar pada siklus hidrologi yang mempengaruhi sistemdrainase perkotaan. Drainase  perkotaan melayani pembuangan kelebihan air dengan cara mengalirkannya melalui permukaan /bawah permukaan tanah untuk dialirkan ke sungai, danau atau laut. Pada beberapa kota yang khususnya kota pematang siantar yang terletak di Sumatera Utara terdapat beberapa masalah banjir/air yang menggenangi ruas jalan, salah satunya berada di ruas jalan ViyataYudha Bawah Kelurahan Setia Negara Kecamatan Siantar Sitalasari. Perancangan atau mendimensi ulang drainase pada jalan Viyata Yudha Bawah sangat diperlukan untuk mengatasi masalah genangan air/banjir yang mengenangi ruas jalan yang dapat merusak badan jalan akibat saluran eksisting yang tidak dapat menampung debit air dan dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas keseharian warga sekitar. Mendimensi ulang saluran eksisting dapat mengatasi masalah banjir dengan mencari ukuran dimensi saluran eksisting yang lebih besar dari pada nilai debit rencana . Dalam mengatasi masalah yang terjadi, ditinjau mengenai evaluasi terhadap saluran drainase eksisting yang  tidak dapat menampung debit air yaitu dengan menghitung curah hujan rencana dengan metode normal, log normal dan gumbel, menghitung debit rencana saluran, menghitung kapasitas drainase eksisting dan mendimensi ulang penampang saluran drainase sesuai perhitungan dari debit rencana saluran.


Keywords


Saluran; Drainase; Eksisting; Debit; Air

Full Text:

PDF

References


. Direktorat Jendaral Cipta Karya, 2012, Tata Cara Penyusunan Rencana Induk Sistem Drainase Perkotaan, Jakarta: Yayasan Badan Penerbit PU.

. Fachrurrozy, 2013, Analisa Debit Banjir Rencana Pada Jalan Williem Iskandar Medan. Laporan Tugas Akhir. Medan: Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara

. Riki Handoko, 2014,. Analisa Sistem Drainase Untuk Mengatasi Banjir Pada Jalan Dr. Mansyur Kecamatan Medan Selayang. Laporan tugas akhir.Medan: Program Studi Teknik Sipil, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

. Soemarto, CD. 1999. Hidrologi Teknik. Jakarta: Erlangga.

. Sosrodarsono, S. 2003. Hidrologi untuk Pengairan. Jakarta: Pradnya Paramitha.

. Sri Harto. 1993. Analisis Hidrologi. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

. Suripin, 2004, Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan, Andi Offset; Yogyakarta.

. Triatmojo, Bambang, 1998, Hidrologi Terapan, Beta Offset; Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.