EVALUASI PENERAPAN SISTEM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA PADA PROYEK PEMBANGUNAN JALAN TOL SEKSI I TANJUNG MULIA KEC. MEDAN DELI SUMATERA UTARA

Riki Chandra, Anisah Lukman, Ronal H. T. Simbolon

Abstract


Sistem Manajemen Keselamatan serta Kesehatan Kerja (SMK3) dilapangan menjadi urusan yang besar bagi pengawas K3, oleh sebab itu pekerja dan pengawas dianjurkan bekerja sama untukĀ  menjauhi terjadinya kecelakaan kerja, serta membentuk serta menetapkan berbagai langkah pengalihan, penindakan yang kuat agar tidak terjadinya kecelakaan pada pekerjaan yang sangat beresiko besar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu simple random sampling atau sampel secara acak, dengan memanfaatkan kuisioner yang terkait dengan kewajiban yang ada dilapangan.Kemudian setelah hasil kuisioner tersebut diperoleh, maka terlebih dahulu dijalankan uji validitas serta reliabilitas guna menentukan kelayakan dari data tersebut.Berdasarkan hasil analisis kuisioner 40 responden, menunjukkan bahwa penilaian penerapan SMK3 memperoleh skor 86,27 % serta masuk dalam kategori memuaskan. Pada hasil penelitian diperoleh indikator yang sangat berhubungan dengan kesuksesan Penerapan SMK3 dilapangan ialah Pelaksanaan Lapangan dengan skor 88,75 %.


Keywords


Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3); Evaluasi; Sampling; Kuisione

Full Text:

PDF

References


. Nadya Savira, Nur Andajani, Asiyanto, 2009, Manajemen Resiko. Kota Jakarta : Pradya Paramita.

. Haryani, 2014, Sistem Manajemen Pada Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3) Di PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran II Terminal Bahan Bakar Minyak. Ilmu Administrasi Negara, Fisip UNESA. Jambi

. Keputusan Bersama Kemenaker Serta Juga Kemen PUPR, 1986, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (K3) Pada Proyek Pembangunan Jembatan Musi IV Palembang.Skripsi : Teknik Sipil Universitas Sriwijaya.

. Keputusan Dirjen Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan, 2004, Sertifikasi Kompetensi Keselamatan Dan Juga Kesehatan Kerja Bidang Konstruksi Bangunan. NO. KEP 20/DJPPK/2004. Jakarta.

. Taufik H., 2015, Tinjauan Pada Penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Dan Kesehatan Kerja (SMK3). Teknik Sipil Fakultas Teknik, Universitas Riau.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.