ANALISA PERBANDINGAN PERENCANAAN DENGAN PELAKSANAAN TEBAL LAPISAN PERKERASAN LENTUR PADA PEMBANGUNAN JALAN BALE ATU-SENTRAL KABUPATEN BENER MERIAH MENGGUNAKAN METODE ANALISA KOMPONEN

Gunawan Tarigan, Hamidun Batu Bara, Hamdan Toni

Abstract


Jalan ialah  prasarana transportasi yang mencakup seluruh aspek jalan, salah satunya bangunan yang didayagunakan untuk lalu lintas, ruas jalan Bale Atu-Sentral merupakan jalan yang menghubungkan antara Jalan Bale Atu-Sentral Kabupaten Bener Meriah merupakan jalan lokal yang dipakai salah satu jalur yang menghubungkan, antara Bale Atu-Sentral oleh karena itu perlu adanya pembangunan pengaspalan jalan, pada lokasi Bale Atu-Sentral. Perencanaan perkerasan tebal lapis aspal lentur jalan yang direncanakan oleh, CV.OA.Consultant yang merupakan perusahaan yang merencanakan jalan Bale Atu-Sentral sepanjang STA 0+000 hingga STA 2+000, Memakai metode Analisa komponen, 1732-1989-f. Metode penelitian penulis mengumpulkan data pekerjaan dan diperhitungkan kembali, data yang dikumpulkan berbentuk data lalu lintas harian 2021 jalan di bale atu-sentral, data curah hujan, data hasil CBR, sejalan dengan perhitungan volume kepadatan lalu lintas yang umur rencananya 10 tahun, material perkerasan yang dipakai ialah laston AC-BC MS 590. PT. Dian Era Perdana yaitu perusahaan yang dipilih dalam rangka melakukan pekerjaan jalan Bale Atu-Sentral yang melaksanakan mulai dari awal pengerjaan subgrade, subbase course, base course, surface course.Topik bahasan ini dititik beratkan pada perhitungan dan analisis perbandingan perencanaan pada pelaksanaan tebal lapis aspal lentur memakai metode analisa komponen pada jalan Bale Atu-Sentral penelitian ini diharapkan memberi manfaat terkhusus mahasiswa yang mengkaji hal serupa, para pihak pelaksana proyek serta terkhususnya bagi penulis.


Keywords


Jalan; Perkerasan; Lentur; Komponen; Ketebalan

Full Text:

PDF

References


. Asphalt institut Ms-23 .1986. Thickness Design Asphalt Pavement For Heavy Whel Load, 5th Asphalt Institute Bulding, College Park.

. Direktorat jendral bina mardga.1983. Manual pemeliharaan jalan no 03/MN/B/1983.

. Departemen permukiman prasarana wilayah 2002, perencanaan tebal perkerasan lentur Pt T-01-2002 B, departemen permukiman dan prasarana

. Fahdlan, K. 2013. Evaluasi Perencanaan Perkerasan Lentur Metode Bina Marga Pt T-01-2002-B Dengan Menggunakan Program KENVAVE. Tugas akhir. (diterbitkan). Universitas sumatra utara medan.

. Hendarsin, S. L. 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya (Politeknik Negri Bandung)

. Miswandi, R, 2009, Kajian Metode Perencana Tebal Perkerasan Lentur, tugas akhir universitas sumatra utara medan.

. Rizkiawan , E. 2017, Perencanaan Tebal Lapis Tambah (Overlay) Dengan Metode Bina Marga Dan Asphalt Menggunakan Alat Benkelman Beam, Tugas akhir unimal.

. Sukirman, S 1993. Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik, penerbit nova bandung

. Sukirman, S.,1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya, Bandung: Nova.

. Sukirman, S., 2010. Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur, Bandung Nova

. Suryadharma, H., susanto, 1999 Rekayasa Jalan Raya, Yogyakarta Universitas Atma jaya, Yogyakarta

. Sukirman silvia. 2003. Beton Aspal Campuran Panas, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.