ANALISIS KAPASITAS DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG PADA PEMBANGUNGAN GEDUNG FORTUNATE CITRA GRAND CITY PALEMBANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE ANALITIS

Bangun Pasaribu, Darlina Tanjung, Firqin Haridhi Akbar

Abstract


Pondasi ialah suatu bahagiankomponen gedung yang fungsinya untuk melanjutkan beban struktur keatas lapisan tanah dibawahnya. Maka dari itu pondasi diupayakan harus mampu menahan beban diatasnya. Jurnal ini bertujuan untuk melakukan perhitungan serta melakukan analisa daya dukung yang terdapat ditiang pancang menggunakan data Cone Penetration Test (CPT), serta melakukan perbandingan hasil perhitungan melalui bermacam metode penyelidikan, menghitung besarnya gaya yang bekerja di kelompok tiang (mini pile), menghitung efisiensi ditiang pancang kelompok, sertamenghitung penurunan pada tiang tunggal maupun kelompok. Daya dukung ultimit tiangmerujuk data sondir memakai Metode Langsung adalah 163,14 ton, dan Metode Aoki de Alencar sebesar 78,81 ton. Beban maksimum yang diterima pada kelompok tiang sebesar 26,99 ton untuk beban minimum yang diterima pada kelompok tiang sebesar 13,22 ton. Daya dukung effisiensi tiang pancang kelompok dengan memakai metode Converse-Labarre yaitu 0,861, Metode Los Angeles yaitu 0,766, serta Metode Seiler-Keeney yaitu 1,086. Penurunan total tiang tunggal sebesar 0,636, penurunan tiang kelompok dengan Metode Vesic sebesar 85,84 mm, dan Metode Meyerhoff sebesar 25,51 mm.Jika mendapatakan perbedaan hasil saat penjumlahan daya dukung pondasi dari berbagai metode bisa dikarenakan lokasi pengujian, keadaan fisik dan jenis tanah berbeda, bisa juga terjadi kesalahan saat pengujian, ataupun perbedaan rumus yang digunakan pada metode perhitungan.


Keywords


Pondasi Tiang; Daya Dukung; Penurunan Tiang

Full Text:

PDF

References


. Arifta A, 2016, Redisain Fondasi Tiang Pancang pada Proyek Pembangunan Gedung B Fakultas Bioogi UGM. Tugas Akhir UII Yogyakarta.

. Bowlesh, J. E. 2000. Analisa dan Desain Pondasi, Edisi ke-4 Jilid 1, Erlangga : Jakarta.

. Bowlesh, J. E. 2000. Analisa dan Desain Pondasi, Edisi ke-4 Jilid 2, Erlangga, Jakarta.

. Darlina, T., dan Bangun Pasaribu., dan Jupriah, S.,2015, Rekayasa Pondasi II,Medan.

. Das, Braja M., 2011.Principles of Foundation Engineering, SI (7th ed.). USA.

. Gultom, E., 2010.Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Tunggal pada Proyek Pembangunan PLTU 2 Sumatra Utara

. Hardiyatmo, H.C. 2010.Mekanika Tanah 1. Gajah Mada University Press.Yogyakarta.

. Hardiyatmo, H.C. 2010. Mekanika Tanah 1.Gajah Mada University Press.Yogyakarta.

. Randyanto, E. S., & Sumampouw, J. E. R., Balamba, S. 2015. Analisis Daya Dukung Tiang Pancang Dengan Memakai Metode Statik dan Kalendring Studi Kasus: Proyek Pembangunan Manado Town Square. Sipil Statik, Universitas Sam Ratulangi Manado, Vol 3 (9).

. Shirley, L.H., 1987, Penuntun praktis Geoteknik dan Mekanika Tanah, Nova Bandung.

. Simalango, A. 2016, Analisis Daya Dukung Dan Penurunan Pondasi Tiang Pancang Dengan Metode Analitis dan Metode Elemen Hingga Pada Bore Hole II (Studi Kasus Pembangunan Bendung Bajayu Sei Padang Kabupaten Serdang Berdagai Sumatera Utara). Medan: USU.

. Sosrodarsono, I. S. 2000.Mekanika Teknik dan Teknik Pondasi. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.