ANALISA KARAKTERISTIK ARUS LALU LINTAS DENGAN MODEL METODE GREENSHIELDS GREENBERG UNDERWOOD PADA RUAS JALAN A. H. NASUTION MEDAN JOHOR STA 3+350 S/D 3+

Marwan Lubis, Hamidun Batubara, Muhammad Fayyadh Athaya

Abstract


Analisa dilakukan mengetahui bagaimana karakteristik jalan A.H. Nasution dengan melihat hubungan volume, kepadatan, kecepatan menggunakan model greenshields, greenberg, underwood dikarenakan berdasarkan probabilitas, di jalan A.H. Nasution adanya berbagai kendaraan, kemungkinan akan terjadi permasalahan lalu lintas kedepan dan bagaimana ruas jalan mampu mengantisipasi lonjakan pertumbuhan kedepan maka diperlukan karakteristik jalan dari sekarang. Arah underpass ke fly over, Model greenshields, greenberg, underwood hari sabtu merupakan model yang terbaik hubungan V-D dengan nilai = 0,983. Arah fly over ke underpass, Model greenshields, greenberg, underwood hari sabtu merupakan model yang terbaik hubungan V-D dengan nilai yaitu = 0,988. Hasil perhitungan dengan model greenshields, greenberg, underwood, bahwan model greenshields memiliki hasil untuk Vm, Sff, Dj, sementara untuk model greenberg memiliki hasil Vm dan Dj, untuk Sff didapat hasil ¥ (tidak terbatas), kemudian untuk model underwood memiliki hasil untuk Vm dan Sff, untuk Dj didapat hasil ¥ (tidak terbatas). Arah underpass ke fly over menggunakan model greenshields hari selasa, Dm 34,386, Sm 23,733, Hd 29,17, Sp 26,17, mengasilkan Vm 813,69 smp/jam. Kemudian, arah fly over ke underpass menggunakan model greenshields hari selasa, Dm 35,734, Sm 23,036, Hd 27,98 dan Sp 24,98, mengasilkan Vm 823,16 smp/jam. kondisi ini yang diharapkan dimana arus lalu lintas bergerak.


Keywords


Greenshields; Greenberg; Underwood; Vmaks; Kepadatan

Full Text:

PDF

References


. Tamin, Ofyar. Z, 2008, “Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu lintas (Bab 21), ISBN 978-979-1344-22-7.

. Tamin, Ofyar. Z, 1997, Hubungan Volume, Kecepatan dan Kepadatan Lalu lintas (Edisi 2), ISBN 979-9299-10-1.

. Farhan sholahudin:Dicky Nurmayadi, “Analisa Karajteristik Arus Lalu Lintas Dengan Model Greenshield, Greenberg, Dan Underwood Di Ruas Jalan KHZ Musthofa Kota Tasikmalaya” ISSN 2615-7195.

. Bagas Saputra dan Dian Savitri,”Analisa Hubungan Antara Volume, Kecepatan Dan Kepadatan Llalu Lintas Berdasarkan Model Greenshield, Greenberg, Dan Underwood. ISSN 2615-1847”ISSN 2615-1839.

. Hobbs, F. D. “Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas” Edisi kedua, UGM

. Prof, Ir, Leksmono Suryo Putranto, 2015, Rekayasa Lalu Lintas, Edisi ketiga

. Badan Pusat Statistik Kota medan, Kota medan dalam Angka 2021 (http://medankota.bps.go.id/).

. M isran ramli, Danjte runtulalo, Muralia hustim, S. Hamid al. Model Karakteristik Makro Lalu Lintas Heterogen Pada Ruas Jalan Satu Arah Kota Makasar.

. Eko nugroho julianto, Hubungan Antara Kecepatan, Volume Dan Kepadatan Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Silingawi Semarang.

. Widodo, W., Wicaksono, N., dan Harwin, H., 2012, Analisis Volume, Kecepatan, Dan Kepadatan Lalu Lintas Dengan Motode Greenshields Dan Greenberg. Semesta Teknika, 15(2), 178-184.

. Morlok, E, K, 1991, Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga. Jakarta.

. NKJI 1997, Manual Kapsitas Jalan Indonesia (MKJI). Binakarya. Direktorat Jendral. Bina marga. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.