ANALISA DAYA DUKUNG PONDASI TIANG PANCANG MENGGUNAKAN METODE ANALITIS DAN METODE NUMERIK DENGAN PROGRAM PLAXIS PADA PROYEK PEMBANGUNAN JEMBATAN SICANANG

Novembri Jeremi Halawa, Darlina Tanjung, Ahmad Bima Nusa

Abstract


Suatu konstruksi bangunan dibagi menjadi dua bagian penting yakni bangunan atas dan bangunan bawah.Untuk konstruksi pada bagian bawah biasanya disebut dengan pondasi. Pondasi merupakan bangunan bawah yang berfungsi untuk memikul beban bangunan yang ada diatasnya tanpa mengakibatkan adanya penurunan bangunan di luar batas   toleransinya. Oleh sebab itu, dibutuhkan analisa daya dukung dan deformasi dalam merencanakan sebuah pondasi agar diketahui apakah pondasi tersebut memenuhi rencana awal atau tidak. Dari data SPT yang diperoleh dari proyek pembangunan  Jembatan  Sicanang  diketahui besar daya dukung ultimit pondasi tiang pancang dengan menggunakan metode Meyehof pada kedalaman 58m adalah 377,57Ton,sedangkan berdasarkan Metode Elemen Hingga dengan program Plaxis 8.6 danpemodelan Mohr-Coloumb diperoleh 363,92 Ton. Daya dukung ultimitlateralpondasi dengan Metode Broms secara analitis sebesar 10,18 Ton dan secara grafis 10,32 Ton dan nilai ini tidak berbeda jauh. Nilai Efisiensi kelompok tiang diperoleh dari metode Converse-Labarre yaitu sebesar 0,677. Penurunan elastic tiang tunggal diperoleh sebesar 11,791 mm, penurunan tiang dengan metode Poulos dan Davis sebesar 8,6mm, penurunan tiang kelompok dengan metode Vesic sebesar 66,4 serta penurunan dengan Metode Elemen  Hingga program Plaxis 8.6 sebesar 285,66m akibat beban 100Ton. Dari hasil yang diperoleh, bahwa pada penggunaan metode numerik yang menggunakan PLAXIS didapat nilai daya dukung  yang lebih kecil dan nilai penurunannya  besar sehingga pada penggunaan metode numerik hasil yang didapat bisa digunakan untuk perencanaan suatu pondasi jembatan, dan penggunaan metode numerik sangatlah membantu dan efisien dalam menganalisa suatu perencanaan. 


Full Text:

PDF

References


. Bowles, J. E. 1991, Analisa dan Desain Pondasi Jilid 1 (4th ed.). Erlangga, Jakarta.Bowles,J.E.(1997) .Analisis dan Desain Pondasi Jilid II (P.Silaban (Ed.)).Erlangga, Jakarta.

. Das, B. M. 1995 Principle of Geotechnical Engineering Jilid I. Erlangga, Jakarta.Das, Braja M. (2011). Principles of Foundation Engineering, SI (7th ed.).

. Hardiyatmo,H.C. 2002. Teknik Fondasi1Jilid 2 (Edisi kedua). Beta Offset,Yogyakarta.

. USA.Gunawan,R. 1983, Pengantar Teknik Pondasi. Kanisius.

. Hardiyatmo,H.C., 2008, Teknik Fondasi II (IV). Gadjah Mada University Press, Bandung.

. Mayerhof, G.G. 1956, Penetration Testand Bearing Capacity of Cohession less Soils. JSMFD,ASCE,82 (Splaxis Versi 8 Manual Latihan.(2012).

. Poulos, H. G., & Davis, E. . (1980). Pile Foundation Analysis and Design. TheUniversityofSidney.

. Lazuardi, R. 2015, .Analisis Kapasitas Daya Dukung Tiang Pancang Tunggal dengan Panjang Tiang 21 Meter dan Diameter 0,5m Secara Analitis dan Metode Elemen Hingga (Proyek Pembangunan Jalan Bebas Hambatan Medan-Kualanamu Lokasi Jembatan Sei Batu Gingging STA 41+630). Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Sumatera Utara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.