EVALUASI TINGKAT KERUSAKANJALAN TERHADAP BEBAN LALU LINTAS KENDARAAN DAN PENANGANANNYA DENGAN METODE BINA MARGA PADA RUAS JALAN KUTACANE–MEDAN KEC. LAWE SIGALAGALA KAB. ACEH TENGGARA

Gunawan Tarigan, M. Husni Malik Hsb, Riki Hermanto S

Abstract


Ruas jalan Kutacane-Medan kecamatan Lawe Sigalagala kabupaten Aceh Tenggara merupakan jalan nasional di provinsi aceh yang menghubungkan antara kabupaten Aceh Tenggara dan kabupaten Karo (Sumatera Utara). Yang mana jalan Kutacane-Medan satu-satunya akses keluar masuknya logistik dari kota Medan ke Aceh Tenggara dan Gayo Lues. Hal tersebut yang mempengaruhi kinerja jalan berkontribusi cukup tinggi dalam menarik angka perjalanan orang dan barang yang melintasi ruas jalan tersebut, dimana kendaraan berat sering melintasi ruas jalan ini dan mengakibatkan kerusakan pada lapisan permukaan. Pada studi penanganan kerusakan jalan dan untuk menentukan Cumulative Equivalent Standard Axle digunakan metode Bina Marga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui niai kondisi jalan dan tingkat kerusakan jalan serta untuk menentukan prioritas pemeliharaan berdasarkan kerusakan yang terjadi, mengetahui pengaruh beban lalu lintas kendaraan terhadap tingkat kerusakan yang terjadi pada ruas jalan tersebut. Studi yang diamati sepanjang 3 km yang dibagi dalam 30 segmen, tiap segmenya sepanjang 100 m. Hasil analisa didapat urutan prioritas adalah 10,57. Urutan prioritas >7 adalah urutan prioritas A, dimana jalan berada pada urutan prioritas ini dimasukkan dalam pemeliharaan rutin. Hasil perhitungan mengenai Cumulative Equivalent Standard Axle menghasilkan sebesar sebesar 173626,85 untuk UR 5 tahun sebesar 956145,31.


Keywords


Beban Lalu Lintas; Kerusakan Jalan; Cumulative Equivalent Standard

Full Text:

PDF

References


. Sawal, Eri. 2017, Evaluasi Beban Lalu Lintas Kendaraan Terhadap Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Pada Jalan Pelayangan Kec. Simpang Kiri Kota Subulussalam. Tugas Akhir: Program Studi, Teknik Sipil, Universitas Muhammadiah Sumatera Utara.

. Sukirman, S., 1999, Perkerasan Lentur Jalan Raya. Bandung: Penerbit Nova.

. Kementerian Perhubungan Darat, 2009, Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalulintas dan Angkutan Jalan, Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

. Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. Manual PerkerasanJalan dengan alat Benkelman Nomor 01/MN/B/1983. Jakarta.

. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia, 1993. Tentang Prasarana dan Lalu Lintas JalanNomor 43 Tahun 1993. Jakarta

. Departemen Pekerjaan Umum, 2004. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2004 Tentang Jalan, Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta

. Departemen Pekerjaan Umum, 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesa, Direktorat Jendral Bina Marga. Jakarta.

. Direktorat Jendral Bina Marga. Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Nomor 018/T/BNKT/1990. Jakarta.

. Direktorat Jendral Bina Marga. Pedoman Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur (PT-T-01-2002-B), Jakarta.

. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Direktorat Jendral Bina Marga. Manual Desain Perkerasan Jalan Nomor 04/SE/Db/2017. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.