OPTIMALISASI PENJADWALAN DAN BIAYAiPROYEK DENGAN METODE LEAST COST SCHEDULING (STUDI KASUS : RPS SMK N 5 MEDAN)

Chairun Nisa

Abstract


Baru-baru ini, industri konstruksi Indonesia mengalami perkembangan pesat, dan perencanaan proyek merupakan aspek penting dari setiap proyek konstruksi. Target kualitas dan tenggat waktu diuraikan dalam rencana, dengan mempertimbangkan biayaitertentu. Namun, adalah umum bagi banyak proyek untukimengalami keterlambatan dan pembengkakan biaya. Penelitian ini berfokus pada proyek pembangunan Ruang Praktek SMK Negeri Medan di Jl.Timor no.36 Gaharu. Penelitian ini bertujuan untukimengoptimalkan penjadwalan dan biayaiproyek pembangunan RPS di SMK Negeri 5 Medan dengan menggunakan metode Least Cost Scheduling. Penelitian melibatkan analisis kritis terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi penjadwalan dan biayaiproyek, termasuk waktu pelaksanaan, biayaimaterial, biayaitenaga kerja, dan biayailainnya. Untukimempercepat proyek digunakan lembur dan upah lembur sebagai sarana percepatan. “Berdasarkan temuan investigasi, terungkap bahwa penggunaan pendekatan Penjadwalan BiayaiTerkecil dapat menghasilkan jadwal yang paling efisien dan mengoptimalkan biayaiproyek. Jadwal yang dihasilkan dengan metode ini memiliki gabungan waktu proyek 86 hari dan tambahan 4 jam kerja, dengan biayaikeseluruhan sebesar Rp 306.113.064,00. Harapannya, penelitian ini akan membantu dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan proyek.


Keywords


Leastcost Scheduling; Waktu Pelaksanaan; Waktu Lembur

Full Text:

PDF

References


. Adianto, L. D Yohannes, dkk. 2006. Analisis Biayaidan Waktu Optimal Pada Proyek Ruko.

. Barrie, D.S., Paulson, B.C.,Jr, 1990. Manajemen Konstruksi Profesional, terj. Ir. Suninarto. Erlangga. Jakarta.

. Budiarso, T. 2008. Tinjauan Optimalisasi Biayaidan Waktu Menggunakan Metode Least Cost Scheduling (Studi Kasus Proyek Flyover Arif Rahman Hakim, Depok). Tugas Akhir. Universitas Indonesia. Jakarta.

. Dannyanti, E. 2010. Optimalisasi Pelaksanaan Proyek Dengan Metode PERT dan CPM (Studi Kasus Twin Tower Building Pasca Sarjana Undip). Tugas Akhir. Universitas Diponegoro.

. Dipohusodo, Istimawan. 1996. Manajemen Proyek dan Konstruksi Jilid 1. Kanisius.Yogyakarta.

. Ervianto, W.I. 2002. Manajemen Proyek Konstruksi. Andi. Yogyakarta.

. Santosa, B. 2009. Manajemen Proyek Konsep dan Implementasi. Graha Ilmu. Yogyakarta.

. Soeharto, Iman. 1995. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

. Soeharto, Iman. 1999. Manajemen Proyek: Dari Konseptual Sampai Operasional Jilid 2. Erlangga. Jakarta.

. Widiasanti, I, & Lenggogeni. 2013. Manajemen Konstruksi. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

. Yana, Gde Agung. A. A. 2006. Pengaruh Jam Kerja Lembur Terhadap BiayaiPercepatan Proyek Dengan Time Cost Trade Off Analysis (Studi Kasus: Proyek Rehabilitasi Ruang Pertemuan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Bali). Jurusan Sipil Universitas Udayana. Denpasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.