ANALISIS KEBUTUHAN MATERIAL BANGUNAN DALAM PROYEK PEMBANGUNAN LAPANGAN BULU TANGKIS DENGAN APLIKASI MATLAB (Studi Kasus : Proyek Pembangunan Lapangan Bulu Tangkis Dinas PUPKP Kab. Bener Meriah)

Rizal Pahri Batubara

Abstract


Estimasi jumlah bahan yang dibutuhkan untuk proyek atau pekerjaan tertentu disebut sebagai persyaratan material.  Metode perhitungan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kebutuhan material.  Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif untuk menghitung kebutuhan material melalui pendekatan penelitian terapan yang melibatkan pengumpulan data dengan berbagai teknik.  Tujuan dari artikel ini adalah untuk membantu mereka yang perlu menghitung kebutuhan material untuk proyek pembangunan lapangan olahraga.  Fokus proyek penelitian khusus ini adalah pembangunan lapangan bulu tangkis oleh PUPKP di kabupaten ini. Penggunaan aplikasi Matlab memungkinkan analisis kebutuhan material.  Dengan menganalisis hasil dan melakukan diskusi, disimpulkan bahwa aplikasi Matlab adalah metode alternatif yang layak untuk menghitung kebutuhan material.


Keywords


Kebutuhan Material; Lapangan Bulutangkis; Matlab

Full Text:

PDF

References


. Fadhilah, I. F. 2018. Rencana Anggaran Biaya (RAB) Dan Penjadwalan Pembangunan Ruko 3 Lantai Di Balikpapan. Balikpapan: Politeknik Negeri Balikpapan.

. Faradiba. 2019. Penggunaan Aplikasi Matlab Untuk Analisa Komputasi. Jakarta: Universitas Kristen Indonesia.

. Firmansyah, A. Y.(2013. Dalam Rancang Bangun Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Dalam Pembangunan Rumah". Surabaya: STIKOM Surabaya.

. Gavilan, R.M., L.E Bernold. 1994. Source Evaluation Of Solid Waste In Building Construction. Journal Of Construction Engineer And Managemen, pp 536-552.

. J. Wahyu Kusumosusanto . 2022. Buku Saku Petunjuk Umum Konstruksi. Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat.

. Kerzner. 2006. Panduan Aplikasi Proyek Konstruksi. Jakarta: Yudhistira.

. Laksono, H. D. 2017. "Pengantar Pemograman Dengan Matlab". Padang: Lembaga Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Universitas Andalas.

. Mora, F. P. 2001. Dynamic Planning and Control Methodology for Design/Build Fast Track Construction Project. Journal of Construction Engineering and Management, ASCE.Yu dan Shen, 2005.

. Napu, I. C. 2020. Aplikasi Perhitungan Rencana Anggaran Biaya Pembuatan Rumah Tinggal Berbasis Web. Dalam Jurnal Realtech. Manado: Universitas Katolik De La Salle Manado.

. Proboyo, B. 1999. Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek: Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-Penyebabnya. Dimensi Teknik Sipil, Vol. 1 no. 2, September.

. Ratulangi, D. 2019. Penerapan Algoritma Genetika Untuk Optimasi Penawaran Biaya Pekerjaan Konstruksi Dengan Bantuan Software Matlab. Dalam Jurnal Ilmiah Media Engineering Volume 9. Manado: Staf Balai Wilayah Sungai Sulawesi 1.

. SNI 2052. 2002. Baja tulangan beton. Badan Standardisasi Nasional.

. SNI 7394. 2008. Tata cara perhitungan harga satuan pekerjaan beton untuk konstruksi bangunan gedung dan perumahan. Badan Standardisasi Nasional.

. Tjaturono, N. A. 2004. Valuasi Produktivitas Tenaga Kerja Berdasarkan Delapan Faktor. Jurnal Teknik Sipil Universitas Tarumanagara, No. 1, Tahun ke X, Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.