EVALUASI PELAT LANTAI JEMBATAN IDANO EHO TELUK DALAM – LOLOWA’U NIAS SELATAN

Muhammad Arif Siregar, Darlina Tanjung

Abstract


Jembatan merupakan suatu konstruksi yang berfungsi untuk menghubungkan dua bagian jalan terputus adanya rintangan rintangan seperti lembah yang dalam, alur sungai, danau, saluran irigasi, jalan kereta api dan lain – lain. Salah satu jenis struktur pada jembatan adalah pelat lantai masalah yang sering dihadapi adalah menentukan besarnya dimensi tulangan dan jarak tulangan pada pelat lantai, karena besarnya beban pada jembatan akan diterima langsung oleh lantai.Jenis jembatan yang dianalisa merupakan jembatan kelas I yang berlokasi di Teluk Dalam – Lolowa’u Kabupaten Nias Selatan. Standar yang menjadi acuan dalam mengevaluasi besarnya luas tulangan, jarak tulangan dan jumlah tulangan adalah RSNI – T – 12 – 2004  untuk perencanaan struktur beton untuk jembatan dan RSNI T – 02 – 2005 untuk standar pembebanan jembatan. Dari hasil evaluasi perhitungan tulangan yang dilakukan, didapatkan bahwa untuk tulangan pokok dan tulangan bagi dengan diameter yang sama akan tetapi jarak tulangan yang berbeda dan lebih rapat dibandingkan dilapangan. Hasil analisa didapat sesuai dengan peraturan yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga.


Keywords


Jembatan; Dimensi Tulangan; Pelat Lantai

Full Text:

PDF

References


] Direktorat Jendral Bina Marga. 2004. Perencanaan Struktur untuk Jembatan, RSNI T – 12 – 2004. Penerbit : Badan Litbang PU Departemen Pekerjaan Umum.

] Direktorat Jenderal Bina Marga. 2005. Standar Pembebanan Untuk Jembatan, RSNI T – 02 – 2005. Penerbit : Badan Litbang PU Departemen Pekerjaan Umum.

] Nasution, Thamrin. 2010. Perencanaan Lantai Kendaraan. Medan. ITM

] Soemono. 1993, Ilmu Gaya Bangunan – bangunan Statis Tak Tentu, Penerbit Djambatan, Jakarta.

] Supryadi,B., Muntohar A.S. 2007. Jembatan. Penerbit Beta offset, Yogyakarta.

] Kurniati, E., Bambang, S., & Afrilia, T. 2014. Desain Jaringan Irigasi (Springkler Irrigation) pada Tanaman Anggrek. Jurnal Teknologi Pertanian, 8(1) 35-45.

] Struyk, J.H., Van der Veen, W.C.H.K. 1984, alih bahasa Soemargono, Jembatan. Penerbit Pradnya Paramita, Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.