ANALISIS KINERJA PELAKSANAAN SISTEM PENGENDALIAN PROYEK PADA REHABILITASI JARINGAN IRIGASI SETIA BUDI KECAMATAN SETIA JANJI KABUPATEN ASAHAN

Anisah Lukman, Ahmad Bima Nusa, Romous Abbas

Abstract


Proyek rehabilitasi jaringan irigasi di Daerah Irigasi (DI) Setia Budi, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan direncanakan selesai selama kurang lebih 120 hari (20 minggu hari kerja) dari jadwal pelaksanaan pembangunan dengan sumber daya dan anggaran yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyimpangan dari segi biaya dan waktu yang terjadi antara rencana terhadap realisasi pada pelaksanaan sistem pengendalian proyek, mengetahui kegiatan kritis pada proyek sistem pengendalian proyek dengan menggunakan metode jalur kritis atau Critical Path Method (CPM) dan mengetahui durasi total setelah menggunakan metode jalur kritis atau CPM pada proyek sistem pengendalian proyek rehabilitasi jaringan irigasi Setia Budi. Deskriptif analisis adalah teknik penelitian yang digunakan dalam penulisan. Data sekunder digunakan sebagai sumber data. Setelah mengumpulkan data dan melakukan studi literatur, penting untuk melakukan langkah-langkah dalam proses penulisan, termasuk menganalisis curah hujan, menganalisis fase kerja proyek, melakukan analisis kinerja biaya berdasarkan rencana proyek dan kurva S dan melakukan analisis pengendalian waktu dengan menggunakan metode CPM (Critical Path Method). Hasil penelitian proyek rehabilitasi jaringan irigasi Setia Budi adalah kenaikan progress aktual atau progress realisasi mengalami kenaikan biaya tertinggi pada minggu ke 11 yaitu sebesar 9,66% dari progress. Sedangkan progress aktual atau progress realisasi mengalami kekurangan biaya tertinggi terjadi pada minggu ke 18 yaitu sebesar -1,36% dari progress rencana. Proyek rehabilitasi jaringan irigasi Setia Budi yang menggunakan metode critical path method diperoleh jalur kritis dengan kode A,C,D,E,F dan J. Adapun durasi total setelah menggunakan metode jalur kritis atau CPM pada pelaksanaan rehabilitasi jaringan irigasi Setia Budi adalah 20 minggu (hari kerja).


Keywords


Pengendalian; Proyek; Waktu; Biaya; Jalur kritis; CPM

Full Text:

PDF

References


. Arsyad, dkk. 2017, Modul Rehabilitasi Jaringan Irigasi (Pelatihan Operasi dan Pemeliharaan Irigasi Tingkat Juru). Bandung: Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi.

. Astutik, S., & Suhardi. 2021. Rehabilitasi Jaringan Irigasi Untuk Peningkatan Produksi Pertanian. Seminar Keinsinyuran. eISSN 2797-1775: 139-146.

. BPS Kabupaten Asahan. 2020. Kabupaten Asahan dalam Angka (Asahan Regency in Figures). Asahan: BPS Kabupaten Asahan.

. Dipohusodo, I. 1996. Manajemen Konstruksi Jilid I. Kota Yogyakarta: Kanisius.

. Direktorat Jendral Departemen Pekerjaan Umum, Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan 01, Badan Penerbit Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta,1986.

. Ghozali, A., Harimurti & Hasyim, H. 2017. Monitoring Proyek Rehabilitasi Saluran Irigasi Ngrejo dengan Metode Konsep Nilai Hasil Berdasarkan Time Based dan Progress. Jurnal Teknik Sipil. 1-10.

. Ludiana. 2015. Evaluasi Kinerja Jaringan Irigasi Bendungan Tilang Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang. Jurnal Teknik Sipil. IV(1): 17-28.

. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (RI) No. 31 /PRT/M/2015. 2015. Jakarta: JDIH Kementerian PUPR.

. Perdana, Ari. 2020. Analisa Manajemen Waktu Pada Proyek Konstruksi dengan Menggunakan Metode CPM atau Jalur Kritis. Jurnal Teknik Sipil Universitas Islam Riau.

. PMBOK, A Guide to The Project Management Body of Knowledge, Pennsylvana USA: Project Manajement Institute, 2004).

. Santosa, B. 2009. Manajemen Proyek Konsep dan Implementasi (Pertama). Yogyakarta.

. Sosrodarsono, S., & Takeda Kensaku. 2003. Hidrologi Untuk Pengairan (Cetakan Ke-9). Jakarta: PT Pradnya Paramita.

. Sudarsana, D.K. 2008. Pengendalian Biaya dan Jadwal Terpadu Pada Proyek Konstruksi. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil. XII(2): 26-35.

. Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

. Soeharto, I. 1997. Manajemen Proyek: Dari Konseptual sampai Operasional (3 ed.). Jakarta: Gelora Aksara Pratama.

. Zamroni. A., Hadiani, R., & Sobriyah. 2016. Skala Prioritas Pemeliharaan dan Rehabilitasi Jaringan Irigasi Sederhana (Studi Kasus di Kabupaten Semarang). Seminar Nasional Sains dan Teknologi. ISSN: 2407–1846: 1-9


Refbacks

  • There are currently no refbacks.