EVALUASI BIAYA ANTARA PENGGUNAAN PERANCAH BAMBU DENGAN PERANCAH SCAFFOLDING PADA PROYEK PEMBANGUNAN PASAR BARU KABUPATEN MANDAILING NATAL

Mhd. Alfaisal Yusuf, Yusrizal Lubis

Abstract


Seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi, bidang konstruksi turut mengalami perkembangan yang cukup pesat. Metode-metode pelaksanaan dalam dunia konstruksi mulai beralih dari metode konvensional menjadi metode yang lebih modern, salah satunya yaitu metode pelaksanaan pekerjaan perancah. Pada dasarnya kedua metode memiliki fungsi dan cara kerja yang sama yaitu sebagai struktur sementara yang digunakan sebagai penyanggah beban, manusia, dan material pada pekerjaan konstruksi, namun karena kedua metode memiliki bahan yang berbeda terlintas untuk membandingkan biaya penggunaannya pada kedua metode tersebut. Perancah dengan metode konvensional yaitu dari bahan bambu dan perancah metode modern yaitu dari bahan besi/baja. Perbandingan ini dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder dari pihak perencana dan pelaksana meliputi gambar kerja yang kemudian dilakukan perhitungan besar biaya yang dibutuhkan antara perancah dengan bahan bambu dan perancah dengan bahan besi/baja. Dari hasil perhitungan didapat perancah dari bahan bambu lebih unggul dari segi biaya namun memakan waktu yang cukup lama dalam pengerjaanya, sedangkan perancah dari bahan besi/baja lebih unggul dari segi pengerjaan yang memakan waktu relatif lebih singkat namun butuh biaya yang besar dalam pelaksanaannya.


Keywords


Perbandingan; Perancah; Biaya; Proyek

Full Text:

PDF

References


. Dessi Finda, 2011. Pengertian Rencana Anggaran Biaya (RAB). Diakses dari https://findadessi.blogspot.com/2011/11/pengertian-rencana-anggaran-biaya- rab.html (diakses pada tanggal 01 Agustus 2022)”

. Faiz, 2011. Jenis Rencana Anggaran Biaya. Diakses dari https://faiz- 15.blogspot.com/2011/11/jenis-rencana-anggaran-biaya.html (diakses pada tanggal 03 Agustus 2022 )”

. Gulo Arifin dan Buulolo Inteligestiani, 2020. Perbandingan Biaya Pekerjaan Perancah dengan Perancah Konvensional Pada Pekerjaan Pelat Lantai Beton Bertulang Proyek Office Building Sinar Artha Sejati. Jurnal Teknik Sipil : Politeknik Negeri Medan.”

. Hayatri Andi Nina, 2002. Perbandingan Biaya Penggunaan Perancah Bambu dengan Scaffolding. Jurnal Teknik Sipil : Universitas Islam Indonesia.”

. Khedanta, 2011. Fungsi dan langkah Pembuatan Rencana Anggaran Biaya Bangunan. Diakses pada tanggal 05 Agustus 2022. Diakses dari https://www.google.com/amp/s/khedanta.wordpress.com/2011/04/11/fungsi-dan- langkah-pembuatan-rancangan-anggaran-biaya-bangunan”.

. Oil Gas dan Management, 2017. Pengertian Perancah Scaffolding dan Jenisnya. Diakses dari https://oilandgasmanagement.net/perancah-scaffolding/ (diakses pada tanggal 20 Juli 2022 )”

. Pahlevi, 2019. Pengertian Proyek, Tujuan, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Ruang Lingkup. Diakses dari https://www.pahlevi.net/pengertian-proyek/ (diakses pada tanggal 20 Juli 2022 )”

. Pengadaan, 2020. Perancah (Scaffolding) : Jenis, Prosedur Pemasangan dan Pembongkaran Scaffolding. Diakses pada tanggal 01 Agustus 2022. Diakses dari https://www.pengadaan.web.id/2020/02/perancah-scaffolding.html”

. Permen PUPR No. 28-PRT-M-2016 tentang Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) Bidang Umum”.

. A. Rosyidah, D. Wiratenaya, dan Muhammad Amitabh Pattisia, S. Pengajar Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta, and A. Jurusan Teknik Sipil Politeknik Negeri Jakarta, Perkuatan Struktur pada Bangunan Rumah Tinggal 3 Lantai.” Accessed: Jul. 25, 2022. [Online]. Available: http://prosiding.pnj.ac.id/index.php/politeknologi/article/view/480”

. Proxsis, 2020. Yuk, Kenali Jenis Perancah dan Fungsinya. Diakses dari https://surabaya.proxsisgroup.com/jenis-perancah-dan-fungsinya/ (diakses pada tanggal 20 Juli 2022 )”

. Rafik Aunur dan Cahyani Rinova Firman, 2018. Analisis Perbandingan Biaya Penggunaan Perancah Kayu Galam dan Perancah Besi (Scaffolding)”.

. Ruang Sipil, 2019. Perancah Konvensional (Bambu) : Pertimbangan Keuntungan dan Kerugian. Diakses dari https://www.ruang-sipil.com/2019/09/perancah- konvensional-bambu.html (diakses pada tanggal 22 Juli 2022 )”

. Sumargo dan Nata Ario Raja, 2006. Keruntuhan perancah Scaffolding Saat Pelaksanaan Pengecoran. Media Komunikasi Teknik Sipil Volume 14 No. 1 Edisi XXXIV”.

. Suparno, 2012. Kajian Pemilihan jenis Bahan Perancah Beton Pada Pembangunan Gedung Bertingkat. Wahana Teknik Sipil Vol.17 No.1 Halaman 32-40”.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.